Legenda Olitiau - Dunia Freak -->

Legenda Olitiau


Olitiau yaitu makhluk cryptid berwujud kelelawar atau reptil terbang raksasa yang dihipotesiskan ada di Afrika Tengah.

Kata Olitiau kemungkinan berasal dari perpaduan kata Ipulo "Ole" dan "Ntya", sebuah nama untuk tarian topeng seremonial yang dipakai untuk mewakili setan.

Nama itu dapat dipakai oleh penduduk orisinil Ipulo untuk menyebut setan secara umum, bukan untuk makhluk itu sendiri.

Olitiau dikatakan mempunyai sayap selebar 6 - 12 kaki (1,8 hingga 3,6 meter). Tubuh mereka diduga berwarna hitam, dan sayap mereka digambarkan berwarna menyerupai coklat renta atau merah.

Rahang bawah mereka dikatakan mempunyai gigi berukuran 2 inci, gigi bergerigi dengan jarak yang sama antara masing-masing gigi.


Ketika berburu hammer-headed fruit bat di Kamerun Selatan, Ivan T. Sanderson mengklaim bahwa Olitiau menukik ke arahnya dan ke pendamping perburuannya, Gerald Russell, di sepanjang sungai pegunungan pada tahun 1932.

Dia menyebutnya sebagai "kakek dari semua kelelawar".

Insiden yang dialami Sanderson sering dipakai sebagai teladan dari penampakan Kongamato.

Beberapa klarifikasi untuk Olitiau telah diusulkan, dan terdaftar sebagai berikut :

Hammer-headed bats (kelelawar berkepala palu)


Kelelawar tersebut mempunyai lebar sayap terbesar dari semua kelelawar di Afrika, yaitu hingga satu meter. Sangat mungkin kalau Hammer-headed bat dilihat secara erat dalam waktu sekejap, dapat tampak berukuran lebih besar.

Pterosaurus hidup

Meski Sanderson bersikeras bahwa apa yang dilihatnya yaitu kelelawar, ada beberapa bukti yang menawarkan bahwa pterosaurus mempunyai rambut atau struktur menyerupai rambut yang dikenal sebagai pycnofibers (salah satu flamen yang menyusun rambut pterosaurus).

Spesies kelelawar besar tidak diketahui

Karl Shuker mengikuti pernyataan Sanderson dalam menyarankan hewan tersebut mungkin termasuk "subordo" (suborder) dari microchiroptera.

Microchiroptera

Kemungkinan lain menduga bahwa Olitiau yaitu anggota spesies kelelawar besar yang telah diketahui, namun mengalami pertumbuhan abnormal, sehingga mempunyai ukuran yang jauh lebih besar dari ukuran rata-rata spesiesnya.

(Sumber : wikipedia, cryptidz.wikia)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel