Dari Bekasi Sampai Papa Mati, Inilah Iklan Paling Kontroversial Di Indonesia
Wednesday, March 27, 2019
Edit
Sebagai media promosi sebuah produk, Iklan harus terlihat menarik dan menciptakan orang tertarik dengan produk yang coba di tawarkan. Karena itu para pembuat Iklan biasanya akan menciptakan sebuah Iklan semenarik mungkin. Kita tentu sudah sering melihat Iklan dengan pandangan gres yang sangat kreatif dan menarik untuk dilihat.
Tapi ya namanya pandangan gres kreatif kadang ada pula yang sedikit kebablasan dan dianggap menyinggung etika. Hal ini merupakan gosip yang cukup sensitif terutama di negara dengan budaya timur menyerupai Indonesia. Karena itu adakalanya suatu ikaln sanggup menjadikan kontroversi alasannya ialah dianggap tak sesuai dengan budpekerti ataupun menyinggung beberapa pihak. Nah berikut ini ialah adalah daftar Iklan paling kontroversial yang pernah ada di Indonesia..
Mie Sedaap Versi Ayamku
Mie isntan merupakan salah satu produk yang paling laris di Indonesia, ada bermacam-macam brand dan pilihan rasa dengan peminatnya masing-masing. Karena itu persaingan di sektor industri makanan ini tidak mengecewakan ketat. Hal ini menciptakan pihak produsen mie instan biasanya secara rutin mengeluarkan produk baru.
Dengan keluarnya produk baru, maka otomatis harus ada Iklan untuk mempromosikan produk ini. Iklan mie instan sendiri memang populer kreatif alasannya ialah harus menciptakan orang yang melihat setidaknya sanggup membayangkan rasa dari mie gres yang ditawarkan.
Namun apa yang dilakukan produsen Mie Sedaap, beberapa tahun yang kemudian ketika mempromosikan produk mie instan rasa ayam terbaru mereka sedikit melewati batas. Sahabat duniafreak.blogspot.com dengan mengusung konsep komedi salah satu Iklan mereka yang berjudul Mie Sedap "Ayamku" justru menuai kontroversi alasannya ialah dianggap menghina profesi guru.
Dalam ikaln ini terdapat sebuah adegan yang menampilkan seorang guru sedang berbicara sambil membawa sebungkus mie instan, namun tak hanya hingga disitu untuk menggambarkan rasa ayam pada mie instan ini ditampilkan pula seekor ayam yang terlihat bertengger di atas kepala guru tadi. Meski Ayam ini belakangan diketahui hanya merupakan animasi saja, namun konsep dari iklan ini tetap dianggap melecehkan profesi guru dan alhasil menerima teguran dari KPI. Pihak Mie Sedaao sendiri kemudian merubah iklan ini dengan menghilangkan ayam yang bertenger di atas kepala guru itu.
On Clinic
Sebenarnya tak ada yang salah dengan iklan yang mempromosikan produk kesehatan bagi vitalitas pria. Hanya saja pemilihan waktu dari sebuah klinik khusus persoalan lelaki berjulukan "On Clinic" inilah yang salah. Sahabat duniafreak.blogspot.com dengan memakai salah satu penyanyi senior Ikang Fawzi sebagai modelnya Iklan On Clinic, mencoba mengangkat persoalan kejantanan laki-laki menyerupai Impotensi dan ejakulasi dini lewat cara yang unik.
Hanya saja mereka menempatkan Iklan ini pada jam prime time dan di hampir seluruh TV swasta dengan intensitas yang cukup sering. Hal ini tentu menciptakan penonton iklan ini sanggup jadi ialah anak yang masih di bawah umur. Karena itu KPI melayangkan teguran pada iklan ini alasannya ialah dianggap melanggar budpekerti dan masuk dalam kategori ikaln yang mengandung bahan yang berbahaya bagi anak-anak dan remaja.
Indosat versi Pergi Ke Aussie
Selain ikaln yang muncul di TV, iklan billboard atau poster adapula yang memicu kontroversi alasannya ialah dianggap tak pantas dan menyinggung salah satu golongan masyarakat. Seperti misalnya iklan Indosat versi liburan ke Australia. Sahabat duniafreak.blogspot.com iklan yang dibentuk untuk mempromosikan salah satu aktivitas undian berhadiah dari salah satu provider seluler di tanah air ini menuai kontroversi sesudah slogan pada headlinya yang dinilai melecehkan kota Bekasi.
Dalam iklan billboard tersebut tertulis slohan yang berbunyi "Liburan ke Aussie lebih gampang dibanding ke Bekasi." Kata-kata ini sontak menciptakan warga Bekasi murka dan bahkan sempat menuntut pihak Indosat ke pengadilan lewat beberapa ormas mereka. Indosat sendiri alhasil meminta maaf atas kesalahanya ini dan memutuskan kontrak dengan agensi yang menciptakan iklan tersebut.
Pompa Air Shimizu
Iklan kontroversial berikutnya berasal dari salah satu produsen pompa air berjulukan Shimzu yang oleh KPI sempat menerima teguran keras alasannya ialah bahan iklan mereka yang dianggap terlalu vulgar. Produsen pompa air ini mempunyai sebuah iklan dengan konsep komedi yang memperlihatkan adegan seorang perempuan dengan pakaian minim yang terlihat senang ketika disembur dengan air dari pompa air shimizu.
Iklan berdurasi 30 detik ini sendriri bersama-sama bercerita ihwal seorang laki-laki yang merasa lesu alasannya ialah pompa air di rumahnya kurang kuat. Namun yang lebih banyak muncul justru adegan perempuan bermain air dengan baju minim. Parahnya lagi iklan yang populer dengan slogan "sedotanya kuat, semburanya kenceng" ini tampil pada jam prime time dan sering kali di lihat oleh anak-anak di bawah umur.
Mie Sedaap versi Papa Hidup Lagi
Sebelum tersandung persoalan dengan iklan versi "Ayamku", Mie Sedaap bersama-sama sudah pernah memicu kontroversi dengan iklan mereka yang lain. Salah satu iklan mie sedaap yang berjudul "Papa Hidup Lagi" sudah terlebih dulu menuai kontroversi alasannya ialah dililah mengajarkan anak-anak untuk berbohong dan pertanda kemalasan.
Iklan ini sendiri bercerita ihwal seorang Ayah yang malas untuk ikut dalam kerja bakti hingga meminta anaknya untuk berbohong kalau ia sudah mati. Iklan ini kemudian dibuka dengan adegan seorang anak yang menangis ketika ada orang yang tiba untuk menayakan keberadaan Ayahnya dan menyampaikan Ayahnya telah meninggal.
Namun orang tadi sepertinya sudah hapal dengan sandiwara keluarga dan mengeluarkan mie instan kesukaan ayah anal tadi, hingga si ayah tiba-tiba muncul alasannya ialah tak berpengaruh menahan godaan dari mie instan favoritnya. Sahabat duniafreak.blogspot.com adegan ini kemudian diakhiri dengan reaksi polos anaknya yang berkata "Papa Hidup Lagi."
Konsep komedi inilah berdasarkan KPI melanggar norma ketimuran yang mengajarkan kejujuran dan rukun antar tetangga. Ahasil iklan ini harus mengalami pemotongan besar-besaran jikalau ingin tayang di TV, walau alhasil iklan ini tak pernah muncul lagi dilayar kaca.
Sahabat duniafreak.blogspot.com itula iklan-iklan paling kontroversial yang pernah ada di Indonesia. Dari kisah ini kita sanggup berguru bahwa kreativitas memang baik, namun sebagai orang timur kita harus tetap memegang norma kesopanan sebagai batas biar tak kelewatan.
Referensi:
https://bacaterus.com/iklan-yang-melanggar-etika/