Ditemukan Kapal Romawi Kuno - Dunia Freak -->

Ditemukan Kapal Romawi Kuno



Pejabat Departemen Kebudayaan Italia hari Jumat (24/7) kemudian mengatakan, Arkeolog menemukan lima kapal tenggelam Romawi Kuno yang masih utuh di pantai barat di perairan akrab sebuah pulau kecil di lepas pantai Italia, kapal tersebut tenggelam sekitar kala pertama hingga kala ke-4 SM, kapal tersebut membawa sejumlah barang-barang menyerupai porselen dan kontainer yang penuh dengan isi. Berita yang menarik yaitu bahwa kapal ini termasuk barang-barang bawaannya masih dalam kondisi baik, tidak rusak oleh pemburu harta karun atau alam, menyerupai sebuah museum arkeologi di bawah laut.

Kapal yang tenggelam ini terletak di wilayah barat akrab sebuah pulau kecil Ventotene di antara Roma dan Napoli. Sejak dahulu kala perairan di tempat tersebut merupakan rute akses komersial yang penting, lantaran wilayah tersebut sering diserang oleh angin puting-beliung dan pedoman air maritim yang tidak stabil, maka sering juga ditemukan reruntuhan sejumlah bangkai kapal kuno. Tetapi kapal ini berbeda dengan reruntuhan kapal tenggelam masa lalu, ini ditemukan oleh para andal di maritim yang lebih dalam, dengan kedalaman sekitar 100-150 m, sehingga terhindar dari imbas angin puting-beliung dan pedoman air maritim yang berbahaya dan masih tersimpan utuh.

Pada awal ketika inovasi kapal oleh arkeolog ini masih menghadapi persaingan pemburu harta, sebagai akhir dari kemajuan teknologi, kedalaman yang sanggup dicapai oleh pemburu harta semakin dalam, Annalisa Zarattini dari Departemen Kebudayaan yang bertanggung jawab atas arkeologi dalam maritim berkata: "Suatu hal yang terpenting dari arkeologi ini yaitu kita terlebih dahulu menemukannya dibandingkan dengan para pemburu harta karun. " Kapal yang tenggelam ini ditemukan oleh Departemen Kebudayaan Negeri tersebut yang bekerja sama dengan Aurora Trust perusahaan eksplorasi maritim Amerika Serikat, prosesnya yaitu sesudah team peneliti melalui teknologi sonar melukis gambar dasar laut, kemudian memakai kendaraan remote control tanpa awak lebih lanjut mengkonfirmasian keberadaan kapal yang tenggelam tersebut.

Berdasarkan penelitian kapal tenggelam kini dan barang antik yang telah diangkat, sejarah barang antik tersebut yaitu sekitar dua ribu tahun. Dalam kapal memuat banyak kontainer, sebagian besar yaitu porselen, di dalam terisi banyak barang menyerupai anggur, minyak zaitun, kecap ikan dan komoditi lainnya, masih terdapat sejumlah logam dan peralatan dapur, ini membutuhkan penelitian lebih lanjut. Saat ini, beberapa bab benda kuno kecil telah dikeluarkan dan diberikan kepada laboratorium penelitian dan di pamerkan di pulau kecil Ventotene.

Secara umum, inovasi kapal tenggelam di Mediterania bukan isu yang khusus, tetapi sebagian besar reruntuhan kapal yang ditemukan merupakan bangkai, dan kapal yang masih utuh ini kelestariannya sangat langka, salah satu kapal yang paling panjang yaitu sekitar 20 meter, itu termasuk kapal berukuran medium ketika itu. Di sisi lain, tubuh kapal mendarat secara lurus di dasar laut, tidak terdapat keterbatasan penelitian lantaran bahtera terbalik, oleh lantaran itu memberi kesempatan yang paling baik bagi para tenaga andal untuk melaksanakan penelitian terhadap seluruh kapal dan semua barang muatannya. Zarattini berkata: "Di sini menyerupai sebuah museum dasar laut."(Dajiyuan/lim)

Sumber: http://erabaru.net/sejarah/56-sejarah/3386-museum-dasar-laut-kapal-romawi-kuno-munc

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel