Fakta Unik Tulang Kerangka Insan Membuatmu Terkejut - Dunia Freak -->

Fakta Unik Tulang Kerangka Insan Membuatmu Terkejut

Tulang merupakan serpihan dari badan insan yang masuk dalam jenis jaringan ikat, pada tulang itu ada terdiri atas bermacam-macam sel, ada juga jaringan serat yang mempunyai fungsi dan kiprahnya masing-masing. Tulang juga mempunyai tugas sebagai kerangka penting pada badan manusia, dan juga mempunyai tugas untuk daerah melekatnya jaringan otot serta beberapa jenis organ yang ada pada badan manusia. Kerangka manusia, khususnya tulang tengkorak, itu punya tugas dalam melindungi organ otak, yang terletak didalam tengkorak. Dapat anda bayangkan, apabila pada ketika terjadi benturan keras pada serpihan kepala seseorang yang tidak dilindungi oleh lapisan tulang tengkorak, maka yang niscaya organ otak itu akan mengalami kerusakan dalam seketika, bahkan juga sanggup hancur lebur dan susunan sarafnya akan menjadi rusak secara total.


Tulang pada insan itu juga berperan sebagai kerangka penyangga pada badan insan supaya sanggup bergerak sesuai semestinya, apabila tidak adanya tulang atau kerangka yang menopang, pastinya seorang insan akan terkulai tidak berdaya lantaran tidak sanggup bergerak. Peran tulang itu sama halnya menyerupai kerangka pada sebuah gedung tinggi, ika tidak ada kerangka yang kokoh maka gedung itu akan gampang roboh tentunya. Tulang juga merupakan serpihan yang sangat penting serta vital dari organ manusia. Selain fungsinya sebagai sistem aktivis pada badan manusia, tulang juga merupakan pelindung bagi organ-organ dalam tubuh, menyerupai paru-paru (tulang rusuk), otak (tulang tengkorak), dan syaraf-syaraf khusus (tulang belakang). Seperti yang sudah kita bahas, bahwa kerangka insan itu mempunyai berbagai jenis dan bagian, dan ternya ada banyak juga fakta unik yang tersimpan di baliknya. Mari kita lihat sama-sama fakta apa sajakah yang ada di balik tugas kerangka yang sangat penting itu.

Tulang Paha Manusia
Fakta yang satu ini mungkin terdengar sedikit gila dan agak mengejutkan bagi para sobat AnehdiDunia.com. Ya, bagaimana tidak, bahwa banyak penelitian yang menunjukan bahwa tulang paha (atau sering disebut tulang femur) yaitu salah satu tulang insan yang kekuatannya setara dengan kekuatan sebatang beton utuh, sangat mengagumkan bukan! Tulang paha insan ini juga satu-satunya serpihan kerangka insan yang ukurannya paling panjang di antara tulang-tulang lainnya. Tulang paha insan juga tulang yang bobotnya paling berat di antara tulang-tulang yang lainnya.

Tulang Tangan Manusia
Fakta unik lainnya, yaitu ternyata tulang pada jari-jari tangan insan itu tidak ditempeli dengan jaringan otot sama sekali, namun yang menempel padanya yaitu beberapa jaringan tendon yang mempunyai tugas penting dipakai dalam menggerakkan ruas-ruas pada jari-jarinya. Tulang tangan pada insan mempunyai jumlah total 27 tulang, kemudian 29 sendi, dan 123 buah ligamen yang memungkinkan tangan untuk sanggup bergerak bebas.

Tulang Wajah Manusia
Tulang pada wajah insan itu mempunyai 14 keping serpihan tulang,  yang fungsi utamanya yaitu melindungi organ otak beserta syaraf-syaraf pentingnya dari resiko benturan. Tulang wajah juga berperan melingdungi dan menopang organ mata, hidung, dan juga tulang indera pendengaran manusia. Selain itu, unikanya kita tidak menyadari bahwa tulang wajah kita bergerak terus menerus sepanjang kita hidup. Itulah kenapa tulang wajah insan akan semakin nampak cekung seiring dengan bertambahnya umur manusia.

Tulang Telinga Manusia
Pada serpihan dalam indera pendengaran insan itu ternyata terdapat beberapa jaringan tulang yang kecil dan lunak, ukurannya memang paling kecil dan sangat ringan jikalau dibanding dengan tulang-tulang lainnya pada badan manusia. Dalm dunia kesehatan, tulang indera pendengaran mempunyai nama “tulang stapes”, atau dikenal juga dengan nama tulang “sanggurdi”. Ukuran dari jaringan tulang ini hanya sebesar sepersepuluh inci, namun tulang indera pendengaran ini punya peranan yang sangat penting dalam badan manusia. Dapat dipastikan pendengaran kita akan sangat terganggu dan tidak tepat jikalau tidak dilengkapi dengan jaringan tulang yang satu ini.

Tulang Manusia Akan Diganti Dengan Yang Baru Setiap 7 Tahun 
Mungkin ada beberapa di antara anda belum tahu mengenai fakta yang satu ini. Ya, menyerupai halnya serpihan kulit kita yang akan selalu beregenerasi pada setiap harinya, ternyata serpihan tulang insan juga sanggup memperbaiki dirinya sendiri, dan sanggup bertumbuh ulang secara alami. Tulang-tulang insan akan mengalami penipisan lapisan secar bertahap, namun itu akan secara terus menerus ter-upgrade secara alami untuk sanggup kembali berpengaruh sepeti semula, dan itu akan terjadi setiap tujuh tahun sekali. Namun, anda memang diwajibkan untuk menjaga kesehatan tulang dengan makan masakan yang bergizi, supaya sanggup mendukung proses regenerasi itu.

Ternyata Terdapat Tulang Yang Hilang Dengan Sendirinya 
Manusia yang masih bayi dilahirkan di dunia dengan jumlah tulang keseluruhan yang mencapai 270 tulang. Namun anehnya, pada ketika insan beranjak dewasa, maka jumlah tulang-tulang dari padanya itu akan berkurang hingga hanya tersisa 206 ruas tulang saja. Kenapa sanggup demikian, berdasarkan penelitian itu disebabkan lantaran semakin remaja seorang insan maka ia juga semakin membutuhkan banyak ruang dalam rongga-rongga tubuhnya, supaya sanggup menyebarkan daerah dengan organ-organ penting lainnya. Selain itu, berkurangnya tulang secara alami tersebut mempunyai tujuan supaya sistem pergerakan badan pada insan juga sanggup semakin luas serta mempunyai jangkauan-jangkauan gerak yang memang dibutuhkan.

Tulang Leher Manusia Sama Dengan Tulang Leher Seekor Jerapah
Ya, tulang leher insan itu mempunyai kesamaan dengan tulang leher seekor jerapah. Namun jangan anda salah tafsir dulu,  yang dimaksud di sini yaitu bukan soal ukurannya, melainkan jumlah ruasnya. Di mana penelitian berhasil menunjukan bahwa tulang leher insan remaja itu memang mempunyai jumlah ruas yang benar-benar sama dengan tulang leher seekor jerapah jantan dewasa.

Tulang Manusia Itu Bisa Bekerja Lembur Dengan Tanpa Henti 
Ya, ternyata ada bebeapa serpihan tulang insan yang memang akan bekerja secara terus-menerus dengan tanpa henti. Salah satunya yaitu tulang rusuk manusia, di mana tulang rusuk sanggup bergerak secar terus menerus lebih dari 5 juta kali dalam setahun, gerak itu memang difungsikan untuk mendukung sistem pernapasan pada insan yang dilakukan tanpa henti seumur hidup. Di samping itu, kendati tulang rusuk ini kokoh dalam mejalankan kiprahnya sebagai pelindung utama dari organ jantung dan paru-paru, ternyata tulang rusuk ini sanggup patah berkeping-kepng jikalau anda melaksanakan bersin terlalu berpengaruh dan keras.

Manusia Itu Dilahirkan Dengan Tanpa Tulang Pada Lututnya
Selain punya ukuran yang paling besar, tulang kaki pada insan itu juga punya persendian yang ukurannya juga paling besar di antara semua persendian lainnya, persendian itu berjulukan “Platella” yang terletak pada serpihan lutut manusia. Namun uniknya, seorang bayi yang gres saja dilahirkan, bayi tersebut masih dalam kondisi tidak punya tulang pada serpihan lututnya sama sekali, dan tulang itu akan tumbuh berkembang sehabis sang bayi masuk dalam usia 2 hingga 5 tahun, dan akan terus mengalami pertumbuhan hingga ia menjadi dewasa.

Fakta Unik Tentang Tulang Yang Bernama “Funny Bone”
Ada salah satu tulang pada insan yang populer dengan nama “ “Funny Bone” atau dalam bahsa i=Indnesia yaitu “Tulang yang Lucu”. Tulang ini sanggup kita dapati pada serpihan ujung siku kita, yaitu berupa adanya semacam tonjolan yang agak runcing. Kendati pada ketika kita raba tulang ini terasa menyerupai sejenis tulang yang keras, namun tulang Funny Bone ini yaitu sekumpulan saraf-saraf ulnaris serta lapisan sejumlah otot. Kenapa sanggup hingga populer dengan nama Funny Bone ? lantaran apabila anda dengan sengaja memukul keras serpihan ini, anda akan akan mencicipi sebuah sensasi kejang-kejang layaknya ketika anda mengalami sengatan listrik bertegangan rendah. Sensasi rasa yang ditimbulkan itu untuk sebagian besar orang menyerupai sebuah kejutan yang agak lucu, sehingga akhiirnya dinamakan dengan nama tulang “Funny Bone”.

Ada Bagian Yang Amat Sangat Rapuh Pada Tulang Anda 
Tulang-tulang yang ada pada seluruh badan insan itu terdiri dari dua buah lapisan tulang. Pertama, yaitu lapisan tulang yang paling luar, yang sifatnya memang rata-rata sangat kuat. Dan kedua, yaitu lapisan tulang yang paling dalam, di mana lapisan yang satu ini sifatnya sangat lemah dan rapuh. Maka dari itu, kasus pengeroposan pada tulang itu seringkali terjadi pada manusia, dan proses itu terjadi dengan tidak disadarinya, lantaran proses pengeroposan ini akan terjadi di serpihan dalam tulang secara perlahan.

Bagian inti di dalam tulang insan itu memang populer lunak dan lemah. Oleh lantaran itu, serpihan dalam tulang insan juga disebut dengan jaringan tulang spons, lantaran tekstur dan kenampakannya menyerupai spons. Bagian tulang dalam ini menyerupai bentuknya menyerupai sarang lebah, dan ia yaitu serpihan paling utama dalam membentuk struktur pada tulang di serpihan terdalam. Tulang insan serpihan dalam ini punya sistem metabolisme sangat tinggi, sehingga menciptakan ia sangat gampang patah dan gampang hancur.

Osteoporosis Adalah Musuh Besar Tulang Manusia
Osteoporosis yaitu salah satu nama dari jenis penyakit yang secara khusus terjadi pada serpihan tulang manusia. Jenis penyakit inilah yang menjadi biang keladi atas keroposnya tulang manusia, sehingga menciptakan tulang menjadi kian melemah, kemudian juga menjadi semakin rapuh, yang pada akibatnya sangat rentan dan rawan patah. Kadang penyakit ini juga disebut dengan nama “Silent Disease”, lantaran penyakit ini sifatnya akan menyerang insan secara pelan-pelan dan perlahan namun pasti, Penyakit Osteoporosis ini kebanyakan akan menyerang dengan tanpa disertai tanda-tanda atau tanda-tanda sama sekali, sehingga banyak kasus yang menyebabkan tulang menjadi patah secara tiba-tiba. Adanya patah tulang pada serpihan punggung, pada serpihan panggul, serta pergelangan tangan, itu biasanya yaitu tanda-tanda awal dari serangan penyakit Osteoporosis. Maka dari itu, sekali lagi kami himbau para sahabat AnehdiDunia.com untuk selalu menjaga kesehatan tulang dengan cara makan masakan bergizi dan rajin berolah raga secara teratur.

rujukan :
duniafreak.blogspot.com/search?q=Pengertian-Fungsi-Struktur-Bagian-Macam-Jenis-Proses-Terbentuknya-Tulang-Adalah
duniafreak.blogspot.com/search?q=Pengertian-Fungsi-Struktur-Bagian-Macam-Jenis-Proses-Terbentuknya-Tulang-Adalah
http://www.beritaunik.net/unik-aneh/fakta-unik-tulang-manusia.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel