Legenda Nguma-Monene - Dunia Freak -->

Legenda Nguma-Monene


Nguma-monene ialah makhluk cryptid yang digambarkan sebagai kadal besar dengan punggung bergerigi yang tinggal di Republik Kongo. Makhluk ini diduga sejenis binatang prasejarah yang masih bertahan hidup.

Nguma-monene, dalam bahasa Lingala berarti python atau boa besar. 


Nama itu diambil dari kata Nguma yang berarti "python, boa, atau ular", dan Monena yang berarti "besar".

Nguma-monene dideskripsikan sebagai kadal besar atau ular besar berukuran panjang sekitar 30-50 Kaki (9,1 - 15 meter), mempunyai badan berdiameter 2-3 kaki (60 - 90 cm), berwarna coklat keabu-abuan, berkaki pendek, kepala dan lehernya mirip ular, dan mempunyai punggung yang bergerigi.

Ilustrasi Nguma-monene

Laporan penampakan pertama dari makhluk ini terjadi di bersahabat Dongu Mataba, atau anak sungai Ubangi di Republik Kongo pada tahun 1961. 


Berselang sepuluh tahun kemudian, lebih tepatnya tahun 1971, Pastor Joseph Ellis mengaku telah melihat Nguma-monene.

Ketika melihatnya, ia memperkirakan panjang ekornya mencapai 10 meter dengan diameter sekitar 0,5 hingga 1 meter. Warnanya cenderung berwarna coklat keabu-abuan. Dia tidak melihat leher atau pun kepalanya ketika itu.


Penampakan tersebut dicatat oleh hebat biologi Universitas Chicago, Roy P. Mackal, yang juga memimpin dua ekspedisi ke rawa Likouala di Republik Kongo, ketika mencari makhluk yang dijuluki Mokele-mbembe.

Mackal menyimpulkan bahwa makhluk tersebut mempunyai badan rendah, dan lebih mirip seekor kadal daripada ular. 


Mackal juga mencatat bahwa punggungnya yang bergerigi (berbentuk segitiga atau diamond) itu, mirip dengan Mbielu-Mbielu-Mbielu, tapi Nguma-monene terang bukanlah makhluk itu.

Nguma-Monene juga digambarkan sangat mirip dengan binatang darat masa awal, yaitu dimetrodon.


Dimetrodon bukanlah termasuk dinosaurus, sebab banyaknya kemiripan dengan mamalia dibanding dengan dinosaurus. Dimetrodon sanggup tumbuh sepanjang 3 hingga 3,8 meter, dan berjalan dengan cara yang sama mirip kadal modern.

Dimetrodon

Pada tahun 1928, seekor binatang ibarat ular berjulukan Ngakoula-ngou atau Badigui, dilaporkan berada di kawasan Ubangi-Shari. Laporan itu dibentuk oleh inspektur Lucien Blancou, yang kemudian menciptakan laporan pertama ihwal Emela-Ntouka pada tahun 1954.

Menurut laporan tersebut, makhluk itu membunuh seekor kuda nil di sungai Brouchouchou, tanpa meninggalkan bekas luka sedikit pun, dan juga menghancurkan lapangan Manioc, mengakibatkan terbentuknya lintasan jalur selebar 1 hingga 1,5 meter.

Laporan serupa terjadi pada tahun 1932 dan tahun 1934, di mana makhluk itu diberi nama Diba, Songo, Mourou-ngou dan Badigui.

Dalam laporan tahun 1934, seorang laki-laki bau tanah tiba menemui Blancou, sebab laki-laki tersebut telah diberitahu bahwa Blancou tertarik pada binatang tersebut.

Pria tersebut bercerita kepada Blancou bahwa sekitar tahun 1890, dirinya sedang memancing di Sungai Kibi (Distrik Bakala), ketika melihat Badigui sedang makan dari sebuah pohon, yang disebut roro.

Dia menggambarkan lehernya setebal paha pria, dan potongan bahwa lehernya berwarna lebih terang. 


Dia tidak sanggup melihat tubuhnya secara keseluruhan, hanya melihat lehernya yang berukuran 8 meter.

Pada tahun 1945, jejak binatang itu terlihat di bersahabat Ndélé, oleh pembawa senjata Blancou.

Pada tahun 1961, saudara wanita tertua dari sekretaris pertama Majelis Umum Michael Zabatou, sedang mandi di Sungai Mataba, ketika ia melihat kepala dan leher dari seekor makhluk yang muncul dari dalam air, sekitar 15 meter jauhnya.

Penduduk desa kemudian berlari ke tempat ia berada, ketika mendengar bunyi teriakannya. 


Mereka semua kemudian menyaksikan binatang itu bergerak di air, dengan pengecap bercabang dua yang keluar masuk melalui mulutnya, ketika makhluk itu bergerak ke hulu sungai.

Penampakan lainnya terjadi pada bulan November 1971, Joseph Ellis sedang menyusuri Sungai Mataba dengan kano miliknya, ketika ia melihat binatang ibarat ular berukuran 9,1 meter dengan badan bergerigi, tengah berenang menyeberangi sungai, kemudian keluar dari sungai, dan menuju ke hutan.

Nguma-Monene diyakini oleh beberapa orang sebagai dinosaurus yang masih hidup, kemungkinan besar sejenis spinosaurid atau spinosaurus.

Spinosaurus

Yang lainnya beropini bahwa Nguma-monene ini ialah dolichosaur yang masih hidup. 


Dolichosaur ("long lizard") ialah seekor reptil bahari antara ular dan kadal. Hewan ini mempunyai badan panjang dan ramping, mirip seekor ular.

Dolichosaurus

Dan dugaan bahwa makhluk itu ialah sejenis Nile monitor (Varanus niloticus), anggota besar keluarga kadal monitor (Varanidae) yang sebagian besar ditemukan di Afrika. 


Kadal ini sanggup tumbuh hingga sepanjang 7 kaki (2,1 meter). Namun, punggungya terbilang halus, tidak bergerigi mirip deskripsi Nguma-monene.



Roy Mackal beropini bahwa Nguma-monene mungkin berasal dari spesies kadal monitor (Varanidae) yang tidak diketahui.

Sementara itu, orang skeptis menyampaikan bahwa penampakan Nguma-Monene hanya kesalahan identifikasi yang dibesar-besarkan dari seekor buaya atau kadal modern.

(Sumber : Wikipedia, cryptidz.wikia)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel