Cara Membuat Aplikasi Di Android Mudah Tanpa Coding - Dunia Freak -->

Cara Membuat Aplikasi Di Android Mudah Tanpa Coding



Enak-O - Sebelum mulai, tahukah kamu apa itu aplikasi?
 
Kira kira seperti ini. Aplikasi adalah sebuah software atau perangkat lunak yang memiliki berbagai macam fungsi dan dapat digunakan oleh semua pengguna. Aplikasi berupa sebuah software yang berada di dalam perangkat smartphone, laptop dan komputer, yang di ciptakan dengan cara menyatukan atau menggabungkan kode yang disebut sebagai bahasa programan melalui sebuah proses yang di sebut coding.

Simplenya, aplikasi di buat dengan kode kode pemrograman. Sedangkan Proses menyusun dan menyatukan kode tersebut sehingga menjadi sebuah aplikasi di sebut Coding.

Membuat aplikasi bukan sesuatu yang mudah dan seenaknya bisa di lakukan oleh semua orang. Mempelajari bahasa pemrograman mungkin membutuhkan waktu bertahun tahun agar benar benar mahir dan mampu menguasainya. 

Wajar saja jika harga sebuah aplikasi yang tersebar di berbagai macam market memiliki angka rupiah dan jual yang cukup mahal karna membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk membangun sebuah aplikasi itu.

Setelah membaca penjelasan diatas, mungkin kamu akan berpikir bahwa kamu tidak akan pernah bisa menciptakan sebuah aplikasi tanpa mengerti bahasa program. Karna memang dasar yang paling penting dalam membuat aplikasi adalah mengerti bahasa pemrograman dan pastinya memiliki sebuah laptop atau komputer. 

Tapi Tenang, kamu tak perlu gundah memikirkan hal itu. Di sini saya akan memberikan kamu tentang bagaimana cara menciptakan sebuah aplikasi dengan mudah menggunakan Android dan pastinya tanpa harus mengerti bahasa programan dan coding. 

aplikasi yang bisa kamu buatpun bisa bermacam macam kategori, baik itu aplikasi perpustakaan buku, aplikasi yang terhubung dengan website, aplikasi musik, walpaper, video dll. bahkan sebuah Game Sederhana pun dapat kamu ciptakan.

Saya akan membocorkan 2 cara dalam membangun aplikasi tersebut. Silahkan pilih satu dari kedua cara di bawah kira kira mana yang menurut kamu mudah untuk di pahami dan di praktekan.

1. Membuat Aplikasi di android dengan mudah tanpa coding menggunakan appsgeyser.

Disini kita akan membuat sebuah aplikasi dengan membutuhkan bantuan dari sebuah website yang bernama appsgeyser.

Sebelum mulai, saya ingin menjelaskan sedikit tentang Appsgeyser.

Appgeyser adalah sebuah website yang memberikan akses gratis kepada siapapun yang memiliki keinginan untuk membangun sebuah aplikasi tanpa mengeluarkan biaya 1 persen pun. Berbagai macam fitur tersedia disana, tugas kita hanyalah memilih kategori aplikasi apa yang akan di bangun dan mulai melakukan pembangunan secara bertahap. 

Appsgeyser adalah website pembuat aplikasi kesukaan saya. Selain caranya yang mudah, ternyata banyak juga developer (pembuat aplikasi) yang sudah punya penghasilan berkat bantuan website appsgeyser ini.

Sekarang, ayo saatnya mulai membangun sebuah aplikasi.

Pertama, Buka situs appsgeyser.com di browser (Internet) kamu. Silahkan cari dan tekan tulisan  "Create Now For Free" yang memiliki tampilan belakang berwarna hijau. Setelah itu kamu akan diarahkan ke berbagai macam kategori. Pilih kategori Aplikasi apa yang ingin kamu buat.


Kedua, setelah menentukan aplikasi yang ingin di bangun, pilih salah satu disana, setelah itu kamu akan masuk ketahap pembangunan.

Disini saya mencontohkan dengan memilih website, karna saya akan membuat sebuah aplikasi "FACECOOK" plagiat dari facebook.

Saat pertama memulai, saya diperintahkan untuk memasukkan URL website. Maka dari itu saya menggunakan url Facebook disini.

Untuk warna, saya memilih warna biru agar tampilan aplikasi yang saya buat hampir sama seperti Facebook. Setelah itu lanjutkan dengan menekan "Next". 

Selanjutnya saya diperintahkan untuk memasukkan nama aplikasi. Saya menggunakan nama "FaceCook". Lalu Tekan Next. Dilanjutkan dengan mengisi deskripsi atau penjelasan singkat tentang aplikasi tersebut. Tekan Next.

Kemudian, waktunya untuk memasukan logo aplikasi kita. Silahkan upload gambar yang akan di jadikan sebagai logo aplikasi yang akan di buat. Lalu tekan Next.

setelah semua selesai saatnya tekan "Create".
Ketiga, Jika kamu belum mendaftar, maka kamu akan disuruh mendaftar dengan menggunakan Akun Gmail ataupun Facebook. Disini saya memilih untuk mendaftar menggunakan akun Facebook saja agar lebih mudah. Jika tahap daftar ini selesai.

***Selamat, Aplikasi sudah berhasil Di buat***

Dan untuk melihat seperti apa jadinya Aplikasi buatan itu. Silahkan tekan "Dashboard" lalu pilih "dashboard", geser kebawah cari tulisan "Download Apk", tekan, lalu biarkan proses selesai sampai 100% maka akan muncul tanda panah bawah, tekan lalu biarkan beberapa detik maka aplikasi buatan kita akan otomatis terdownload.

Seperti inilah tampilan aplikasi FaceCook yang Saya ciptakan menggunakan website Appgeyser.
Sangat mirip sekali dengan Aplikasi Facebook yang asli.


Ingat, bukan hanya apk website saja. Game pun bisa kamu buat di appgeyser.
Tapi, untuk membuat game, maka saya merekomendasikan kamu untuk mencoba ke website ke 2 di bawah.

2. Cara membuat Aplikasi Game di android mudah tanpa coding di QuickApp Ninja. 

QuickApp Ninja sama halnya seperti Appgeyser diatas. Tapi, QuickApp ini hanya cocok untuk membuat aplikasi Game saja. 

Cara membuat game di sini cukup mudah. 

Pertama, silahkan buka website quickappninja.com dan daftar / register dengan memasukan Username dan Password. Setelah itu login /masuk.

Kedua, Setelah berhasil masuk, tekan "Create New Game". Lalu pilih game apa yang akan di buat. Disini saya memilih untuk membuat aplikasi Game tebak tebakan Gambar. Centang salah satunya, lalu tekan Next.


Ketiga, Selanjutnya kamu disuruh menunggu beberapa saat. Untuk memulai membangun sebuah Game.
Kemudian, kamu akan melihat seperti apa tampilan game yang akan di buat.
Ada beberapa menu disini.

*Design
*Content
*Sound
*Icon
*Setting, dan
*Monetization

Untuk yang sudah bertentang hijau biarkan saja. Sedangkan untuk Content, Icon dan Setting. Akan saya isi.

1. Untuk content saya mengisi Gambar beserta Pertanyaan dan jawabannya.
2. Untuk Icon saya mengisi sebuah gambar yang berfungsi sebagai logo aplikasi (game).
3. Untuk setting, cukup isi nama, alamat email, umur. Yang di bawahnya tidak perlu.

Jika semuanya sudah memiliki tanda centang hijau, maka saatnya saya tekan "Generate Game" yang terletak di bagian samping kanan. Setelah itu akan muncul sebuah pertanyaan berbahasa Inggris, silahkan pilih "Send".

***Game saya telah berhasil di buat***

Saatnya menunggu aplikasinya selesai di proses sekitar beberapa jam.
Jika proses telah selesai dan tidak ada lagi tanda JAM di samping nama game yang di buat, maka saat itu tombol panah bawah (download) pun bisa di tekan. 

Silahkan download aplikasi itu. Dan lihatlah seperti apa jadinya. Kamu akan terkejut saat melihatnya karna aplikasi buatan itu sangat rapi dan persis dengan aplikasi tebak tebakan yang ada di Playstore.

Demikianlah artikel saya mengenai pembahasan tentang bagaimana cara membuat sebuah aplikasi dam game di android tanpa coding. 

Mudahkan! 

Silahkan ikuti semua yang saya ajarkan, maka saya yakin 100% kamu bakalan berhasil menciptakan sebuah aplikasi dan game yang unik.
Teruslah belajar, jangan hanya membaca dari artikel ini saja tapi sebaiknya langsung dipraktekan. 

Jika kamu benar-benar giat dan mahir, mungkin kamu bisa menciptakan sebuah aplikasi atau game bagus yang disukai oleh banyak orang sehingga itu bisa menjadi penghasilan sampingan kamu.

Silahkan share artikel ini keteman teman kamu agar mereka juga tau apa yang kamu tau. Kunjungi terus website ini agar tidak ketinggalan informasi unik lainnya. 

Trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel