Fungsi Lain Dari Earphone Yang Jarang Di Ketahui - Dunia Freak -->

Fungsi Lain Dari Earphone Yang Jarang Di Ketahui


Enak-O - Semua pengguna smartphone saya rasa sudah kenal dan tau dengan sebuah alat kecil yang bernama earphone. Ya, earphone adalah sebuah alat yang umum dimiliki oleh pengguna smartphone kebanyakan, fungsinya ialah untuk memudahkan kita saat mendengarkan lagu atau menonton film agar suara  terdengar lebih jelas dan menciptakan suasana musik atau menonton yang nyaman.

Namun, apakah kamu tau bahwa ternyata earphone bisa di sulap menjadi alat yang memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda dari umumnya. Saya tidak tau apakah ini memang sengaja di buat atau mungkin karna alat yang digunakan sama sehingga dia bisa berubah fungsi menjadi alat lain.

Lalu, apa saja fungsi lain earphone yang jarang sekali di ketahui oleh kebanyakan orang itu?
Disini saya akan membahasnya.

1. Earphone Bisa Di Ubah Menjadi Alat Perekam Suara (Mikrofon)

Apakah kamu pernah menyadari fungsi tersembunyi earphone yang satu ini?

Ya, selain digunakan untuk mendengarkan suara, ternyata earphone juga mampu menangkap suara layaknya mic beneran. Ini adalah salah satu fungsi yang menurut saya sengaja di ciptakan, mic yang terdapat pada earphone di ciptakan untuk memudahkan pengguna saat menelepon. Speaker telinga pada earphone berfungsi sebagai pengantar suara agar suara yang diterima terdengar jelas, dan mic pada earphone berguna untuk merekam atau menangkap suara agar suara yang di ucapkan terdengar jelas oleh lawan bicara kita.

Tak hanya saat menelepon, saat karaoke dan merekam video di smartphone pun kamu bisa menggunakan earphone sebagai pengganti mic. Karna ya, earphone memang dilengkapi dengan alat berupa mic, jadi buat apa lagi saya susah susah jelasin. Dan ini lumayan berguna untuk kamu yang ingin membuat video youtube tapi tidak punya mikrofon.

Untuk kamu yang mungkin selama ini belum tau dimana letak mic pada earphone, kamu bisa melihat di bagian belakang tombol pada kabel earphone, disitulah tempat mic itu berada, di mana keberadaannya di tandai dengan 2 buah lubang kecil.

2. Earphone Bisa di Ubah Menjadi Alat Bantu Selfie atau Memulai Merekam Video 

Selain sebagai alat mendengarkan suara dan alat penangkap suara (mikrofon), ternyata earphone juga bisa dijadikan sebagai alat bantu untuk menekan tombol poto/video pada kamera smartphone.
Misalnya kamu ingin berpoto menggunakan kamera belakang kamu dengan jarak yang agak jauh. Pastinya ini tidak bisa dilakukan sendiri, setidaknya kamu membutuhkan bantuan orang lain untuk memotretkan kamu.

Tapi, bagaimana jika tidak ada yang mau membantu?

Tenang, kamu bisa gunakan earphone, cara menghubungkannya sama dengan cara saat kamu ingin mendengarkan musik, kemudian buka kamera kamu, lalu letakan (sandarkan) smartphone kamu di dinding atau tembok, kemudian menjauhlah sejauh panjang Kabel earphone tersebut dan mulailah berpose, coba pencet tombol earphone yang tersedia, maka kamera kamu akan otomatis memotret layaknya menggunakan sebuah tongsis yang dilengkapi dengan tombol.

Itulah 2 fungsi earphone yang mungkin selama ini tidak kamu ketahui, sekali lagi saya kurang tau apakah itu sengaja di buat atau tidak. Menurut saya, untuk fungsi pertama (perekam suara) itu adalah hasil dari kesengajaan untuk memudahkan pengguna saat melakukan panggilan. Dan untuk fungsi kedua (Pemotret), saya rasa ini adalah sesuatu yang tidak sengaja, mungkin alat yang digunakan earphone memiki kontak dengan kamera layaknya tombol pada tiang tongsis, sehingga kamera mengganggap bahwa tombol yang ditekan adalah sebuah perintah untuk memulai poto / video.

Sekian artikel saya kali ini, silahkan share artikel ini keteman teman kamu agar mereka juga tau apa yang kamu tau. Kunjungi terus website ini agar tidak ketinggalan informasi unik lainnya yang pastinya akan selalu update artikel terbaru dan mungkin bermanfaat.
Trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel