Cara Membuat Video Timelapse di Hp Android - Dunia Freak -->

Cara Membuat Video Timelapse di Hp Android

Enak-O - Pernahkah kamu melihat sebuah video yang menunjukkan sebuah aktifitas baik itu manusia ataupun alam yang bergerak dengan cepat?
Misalnya, video awan bergerak cepat, matahari muncul / tenggelam, pertumbuhan tanaman, kendaraan dan lain sebagainya yang bergerak dengan cepat dalam waktu beberapa menit saja, maka itulah yang di namakan dengan video timelapse.

Beberapa contoh video Timelapse mungkin bisa kamu lihat di video bawah ini :


Selain sebagai hiburan semata, timelapse juga berguna untuk mengamati pergerakan alam atau aktifitas lambat yang terjadi di dunia ini . Misalnya, kamu ingin melihat seperti apa jalur pergerakan matahari, maka mustahil jika kamu terus menerus memperhatikannya dari pagi hingga sore, atau merekamnya saja juga gak bakalan bisa kamu amati, dan pastinya memiliki durasi waktu yang sangat panjang. 
Jadi, dengan menggunakan fitur timelapse, tentunya kamu dapat melihat pergerakan matahari tersebut dengan cepat, sehingga memudahkan kamu untuk mengamati jalur lintasannya di langit.

Buat kamu yang juga pengen bikin video timelapse ini, ternyata kamu tak perlu kamera canggih dengan harga yang mahal, hanya dengan bermodalkan smartphone sehari hari kamu, pastinya kamu sudah bisa membuat sendiri video timelapse di lingkungan sekitarmu.

Bagaimana caranya?

1. Siapkan dulu bahan dan persyaratannya

*Pastikan terlebih dahulu kamu memiliki ruang penyimpanan (memori) yang cukup banyak, sehingga proses perekaman tidka terhenti otomatis dikarenakan ruang penyimpanan yang tidka cukup.

*Pastikan bahwa batrai smartphone kamu masih banyak, ini dikarenakan proses perekaman yang cukup lama, dan pastinya smartphone kamu akan terus merekam. Jadi, sediakan batrai yang banyak atau bisa juga hubungkan smartphone kamu dengan power bank.

*Install Aplikasinya di Playstore. Sebenarnya aplikasi timelapse banyak tersedia tapi disini saya akan menyarankan menggunakan aplikasi yang pernah saya coba, dengan nama "Time Lapse Camera". 

*Tentukan dulu objek apa yang ingin kamu rekam dan dijadikan video timelapse. Disini saya menyarankan agar mencoba merekam awan terlebih dahulu. Dan pastikan bahwa langit pada saat itu dipenuhi oleh awan yang bergumpal gumpal agar video terlihat semakin menarik.
Jika semua persyaratan diatas sudah dipenuhi. Lanjut ke cara pembuatannya.

2. Cara Pembuatan Video Timelapse

Tahap selanjutnya adalah tahap pembuatan
*Silahkan buka aplikasi yang sudah kamu install (download) sebelumnya. Berikan izin aplikasi tersebut mengakses kamera. Setelah itu, pilih "Create Video Lapse", kemudian ada 2 mode yang bisa kamu pilih, silahkan pilih "Normal Mode".


*Disini kamera sudah dibuka, selanjutnya arahkan kamera smartphone kamu ke objek yang ingin direkam.  Jika yang kamu coba disini adalah awan, maka tak lain tak bukan arahkan kamera kamu kelangit.

*Jika kamera sudah di arahkan ke objek, saatnya tekan tombol rekam. Disini tiba tiba layar smartphone kamu akan menjadi sangat gelap, tapi jangan takut karna ini sengaja di ciptakan oleh developer agar batrai smartphone tidka terkuras cepat. Tunggulah dalam waktu yang agak lama, sekitar 20-60 menit.

*Jika selesai, usahakan lindungi smartphone kamu agar layarnya keliatan, kemudian hentikan rekaman. Lihatlah hasilnya, aplikasi ini akan langsung mengubah video kamu tadi menjadi video timelapse, memiliki durasi dan ukuran yang kecil. Video kamu akan langsung tersimpan ke Galeri ketika kamu menekan tombol "OK".

Itulah cara membuat video Awan bergerak atau Timelapse menggunakan hp (smartphone) android. Bukan hanya awan, banyak lagi aktifitas lainnya yang menarik untuk dijadikan objek video timelapse kamu. Saya jamin, kamu bisa bisa ketagihan setelah tau bagaimana cara membuat video timelapse ini. Tidak masalah, jika itu suatu saat menjadi bakatmu, maka lanjutkan lah. 

Sekian artikel saya kali ini, silahkan share artikel ini keteman teman kamu agar mereka juga tau apa yang kamu tau. Kunjungi terus website ini agar tidak ketinggalan informasi unik lainnya yang pastinya akan selalu update artikel terbaru dan mungkin bermanfaat.
Trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel