Hewan Binatang Yang Memiliki Andil Dalam Torehan Sejarah - Dunia Freak -->

Hewan Binatang Yang Memiliki Andil Dalam Torehan Sejarah

Peristiwa penting yang tercatat dalam sejarah biasanya melibatkan manusia, menyerupai contohnya ada Sukarno yang membacakan teks proklamasi Indonesia, atau inovasi lampu bohlam pertama oleh Thomas Alva Edison. Ada juga tokoh lain menyerupai Yuri Gagarin, yang dianggap sebagai astronot pertama di dunia yang berhasil ke luar angkasa dan kembali ke bumi dengan selamat. Selain nama yang disebut tadi, ada banyak nama-nama lain yang berperan penting dalam sejarah. Ternyata, bukan hanya insan saja yang ikut andil dalam sejarah, alasannya hewan-hewan juga ada yang turut berperan dalam sejarah itu. Berikut ini yaitu hewan-hewan yang ikut berperan dalam sejarah.

Dolly

 Peristiwa penting yang tercatat dalam sejarah biasanya melibatkan insan Hewan Hewan Yang Mempunyai Andil Dalam Torehan Sejarah

Dolly ini bukan nama satu kawasan di Surabaya yang kini sudah tak ada lagi, melainkan nama seekor domba. Tentu saja, Dolly bukan domba biasa, alasannya Dolly yaitu domba hasil kloning pertama di dunia. Proses kloning Dolly dilakukan 22 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 5 Juli 1996, dan bertempat di Roslin Institute di Universitas Edinburgh Skotlandia.

Proses cloning dari Dolly ini sendiri disebut dengan transfer nuklir sel somatic, di mana nukleus sel dari sel seekor domba berakal balig cukup akal ditransfer ke sel telur yang sedang berkembang (disebut dengan oocyte) yang belum dibuahi. Sahabat duniafreak.blogspot.com adonan dari dua sel tersebut dikejutkan dengan pedoman listrik biar memisahkan diri. Nantinya, dari sel yang memisahkan diri itu berubah menjadi blastocyst, dan ditanamkan pada induk yang akan mengandungnya.

Sayangnya, umur Dolly tak bertahan lama, yaitu hanya 6,5 tahun. Dolly pada jadinya disuntik mati pada tanggal 14 Februari 2003 alasannya penyakit paru-paru dan radang sendi yang parah. Berita baiknya, sebelum disuntik mati, Dolly sempat mempunyai 6 anak, dan jadinya proses kloning bisa dilakukan pada hewan-hewan lain, menyerupai babi, rusa, kuda, dan lembu.

Cher Ami


Cher Ami yaitu seekor burung merpati yang bisa dibilang berjasa bagi tentara Amerika Serikat selama Perang Dunia I. Pada masa perang tersebut, memang sudah ditemukan teknologi pengirim pesan yang lebih canggih menyerupai telegraf, radio, atau telepon, namun alat-alat komunikasi itu terkadang bisa dihalang oleh lawan, dan membocorkan informasi diam-diam yang seharusnya jangan hingga diketahui oleh pihak lawan. Namun, burung merpati secara mengejutkan mempunyai tingkat keberhasilan yang cukup tinggi, yaitu hingga 95 persen, dan pesan yang dikirim bisa lebih panjang dibandingkan dengan telegraf. Karena itulah, pasukan Amerika Serikat memakai burung merpati untuk berkirim pesan.

Cher Ami merupakan burung merpati yang bisa dibilang heroik. Cher Ami sendiri berarti ‘sahabat’ dalam bahasa Prancis. Sahabat duniafreak.blogspot.com kisah Cher Ami ini terjadi pada tanggal 3 Oktober 1918, di mana pada ketika itu sebanyak 195 anggota pasukan Amerika Serikat terperangkap di belakang garis musuh. Keadaan makin rumit alasannya artileri Amerika Serikat mulai menyerang posisi mereka, dan mereka terancam tewas alasannya serangan kubu mereka sendiri.

Mayor Charles White Whittlesey, yang merupakan komandan dari 195 anggota pasukan Amerika Serikat itu, kemudian mengirimkan pesan melalui Cher Ami ke pasukan Amerika yang menyerangnya. Pesan itu berbunyi, “Kami di sepanjang jalan sejajar dengan 276,4. Arteri kami sendiri menjatuhkan tembakan eksklusif ke arah kami. Demi Tuhan, hentikan.”

Saat dalam perjalanan membawa pesan tersebut, Cher Ami sempat tertembak pasukan Jerman, namun ajaibnya beliau hingga di tujuan dalam waktu 25 menit, dengan luka parah alasannya potongan dadanya terkena peluru, satu matanya buta dan hampir kehilangan kaki di mana pesan penting itu ditempelkan. Tetapi dengan usaha berat beliau jadinya bisa memberikan pesan dan 195 prajurit Amerika bisa diselamatkan. Cher Ami jadinya mati pada tahun 1919 dan tubuhnya diawetkan untuk kemudian disimpan di Institut Smithsonian, Washington D.C., Amerika Serikat.

Jim

 Peristiwa penting yang tercatat dalam sejarah biasanya melibatkan insan Hewan Hewan Yang Mempunyai Andil Dalam Torehan Sejarah

Jim yaitu seekor kuda, yang mana pelatihnya, Dr. William Key, yaitu korban perbudakan. Berkat Dr. William Key, Jim mempunyai aneka macam keterampilan menyerupai membaca, menulis, mengeja, memberitahu waktu, mensortir email, bahkan memakai mesin uang dan telepon. Keterampilan Jim itu ditampilkan dalam sebuah program televisi. Sahabat duniafreak.blogspot.com tayangan tersebut ditayangkan pada final kala 19 dan awal kala 20, di mana sedang terjadi sentimen ras kulit putih dan kulit gelap keturunan Afrika. Namun, berkat penampilan Jim di program tersebut, ras kulit gelap dan putih Amerika Serikat berhasil disatukan. Bahkan saking hebatnya, mereka hingga mendapat kebanggaan dari President Amerika Serikat pada ketika itu, William McKinley.

“Pertunjukan ini yaitu pertunjukan paling menakjubkan dan menghibur yang pernah saya saksikan,” katanya. Bisa dibilang, ketika itu sentimen ras kulit putih dan kulit gelap di Amerika Serikat sudah mulai berkurang. Semua berkat Jim dan pelatihnya, Dr. William Key.

Snowball

 Peristiwa penting yang tercatat dalam sejarah biasanya melibatkan insan Hewan Hewan Yang Mempunyai Andil Dalam Torehan Sejarah

Snowball yaitu seekor kucing lucu, yang berhasil memecahkan satu masalah pembunuhan. Tentunya, bukan Snowball yang menginvestigasi kasusnya sendirian, namun berkat adanya petunjuk dari Snowball, sebuah masalah pembunuhan bisa diselesaikan. Pada tahun 1994, terjadi masalah pembunuhan di Pulau Prince Edward, Kanada, yang mana korbannya berjulukan Shirley Duaguay. Shirley sebelumnya dilaporkan menghilang, dan sesudah 4 tahun berlalu, Shirley jadinya berhasil ditemukan, namun dalam keadaan sudah menjadi mayat.

Beberapa orang yakin, bahwa pelaku dari pembunuhan Shirley itu yaitu suaminya sendiri, Douglas Beamish. Sayangnya, pernyataan itu hanyalah suatu tuduhan tanpa bukti yang jelas. Kasus pun sempat terhenti alasannya menemui jalan buntu. Namun suatu hari, seseorang menemukan tas di dalam hutan berisi jaket bernoda darah, sepatu sneakers, dan beberapa bulu kucing putih. Douglas Beamish memang memelihara kucing putih berjulukan Snowball. Oleh spesialis genetik, DNA Snowball diambil dan ternyata sesuai dengan DNA bulu yang ada di tas tersebut. Atas dasar inilah pembunuh Shirley, yaitu Douglas, berhasil ditangkap. Ini yaitu kali pertama polisi melaksanakan tes DNA terhadap hewan.

Montauciel

 Peristiwa penting yang tercatat dalam sejarah biasanya melibatkan insan Hewan Hewan Yang Mempunyai Andil Dalam Torehan Sejarah

Sama menyerupai Dolly, Montauciel juga yaitu seekor domba. Bedanya, Montauciel bukanlah domba hasil kloningan, melainkan domba normal. Yang unik dari Montauciel yaitu domba ini sudah menjadi binatang pertama yang mencoba ke luar angkasa, meskipun banyak orang mengenal seekor anjing berjulukan Laika yang dianggap sebagai binatang pertama yang berhasil ke luar angkasa. Pada tahun 1783, dilakukan sebuah penelitian mengenai kemampuan insan bertahan di ketinggian. Penelitian itu dilakukan oleh peneliti asal Prancis, Montgolfier Bersaudara, yaitu Joseph-Michel Montgolfier dan Jacques-Étienne Montgolfier. Mereka memakai balon udara untuk menguji kemampuan tersebut.

Namun, mereka tidak berani bereksperimen pada insan alasannya terlalu berisiko. Akhirnya, mereka pun memakai Montauciel, yang diterbangkan memakai balon udara bersama seekor angsa dan ayam jantan. Sahabat duniafreak.blogspot.com para peneliti percaya kalau domba saja bisa selamat berada di ketinggian, maka insan pun juga akan bertahan. Karena itulah, mereka memakai domba sebagai ganti manusia. Penelitian itu dilakukan di Istana Versailles, di hadapan Raja Louis XVI dan Ratu Marie Antoinette. Diperkirakan penelitian itu berlangsung selama 8 menit, dengan jarak 3km dan ketinggian balon udaranya mencapai 460 meter.

Ketiga binatang tersebut jadinya mendarat dengan selamat sesudah menempuh perjalanan panjang. Berkat penelitian ini, para jago menyimpulkan bahwa insan bisa bertahan di ketinggian dalam tekanan tertentu. Karena kesuksesan penelitian ini, Montauciel pun jadinya diadopsi oleh Ratu Marie Antoinette, dan menghabiskan hidupnya dengan senang bersamanya.

Itu tadi hewan-hewan yang mempunyai andil dalam sejarah selain manusia. Ternyata, agresi binatang dalam sejarah-sejarah di atas tak kalah keren dengan insan itu sendiri. Berkat hewan-hewan tersebut, jadinya banyak perubahan yang terjadi, hingga jadinya kita bisa hidup menyerupai kini ini.

referensi
https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20170705132215-445-225862/mengenal-dolly-domba-kloning-pertama-di-dunia/
https://www.jejaktapak.com/2018/04/05/cher-ami-kisah-merpati-terluka-yang-selamatkan-195-pasukan-amerika/
https://www.kitamuda.id/hiburan/terungkap-inilah-5-cerita-unik-hewan-yang-mengubah-sejarah-kehidupan-manusia/26693/?utm_source=facebook&utm_medium=fanpage&utm_campaign=kitamuda
http://www.grid.id/read/04171465/bukan-hanya-manusia-yang-berjasa-8-hewan-ini-ternyata-punya-peran-penting-dalam-sejarah-nomor-7-bikin-gemes-dan-pinter-banget?page=all
https://en.wikipedia.org/wiki/Montgolfier_brothers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel