Jembatan Yang Dipercaya Dibangun Oleh Iblis - Dunia Freak -->

Jembatan Yang Dipercaya Dibangun Oleh Iblis

Jembatan yaitu salah satu bangunan penting yang berfungsi untuk menghubungkan antar daerah di sisi satu dengan sisi lainnya yang terpisahkan oleh sungai, jurang, ataupun ketinggian. Dalam sejarah, penggunaan jembatan pun terbukti telah dipakai semenjak beberapa ratus tahun yang kemudian dengan aneka macam macam fungsi dan tujuan.  Jembatan normalnya memang dibangun oleh insan dengan aneka macam macam alasan dan tujuan. Namun apakah sahabat sekalian tahu? Ternyata ada beberapa jembatan di dunia yang diduga telah dibangun oleh iblis! (Mari kita ulas lebih dalam alasan dibalik dugaan yang mencengangkan ini). Dimana kebanyakan jembatan - jembatan ini telah berusia sekitar ratusan tahun, bahkan ribuan tahun. Berikut yaitu Jembatan Yang Diduga Telah Dibangun Oleh Iblis versi duniafreak.blogspot.com

Jembatan Ponte Della Maddalena Italia


Ponte Della Maddalena (Jembatan Mary Magdalena) dibangun diseberang sungai Serchio di Borgo a Mozzano, Italia. Tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan tepatnya jembatan ini dibangun, namun para sejarawan memperkirakan jika jembatan ini dibangun sekitar tahun 1046 hingga 1115. Bahkan jembatan ini pun telah mengalami renovasi pada era ke-14. Sungguh jembatan yang sudah sangat bau tanah kan? Faktanya, nama orisinil jembatan ini pun bergotong-royong sudah usang terlupakan, sehingga nama dikala ini didapat pada tahun 1500 ketika sebuah kapel dibangun ditepian sungai untuk menghormati seorang perempuan berjulukan Mary Magdalena.

Dalam legenda lokal, dikatakan jika jembatan ini telah diselesaikan oleh iblis sehabis arsiteknya (manusia) menyadari jika ia tidak bisa menuntaskan jembatannya sebelum batas waktu. Dan iblis pun oke untuk membantunya menuntaskan jembatan tersebut dengan imbalan jiwa orang pertama yang melewati jembatan ini. Lalu sang arsitek pun memberitahukan kepada pastur setempat, dan ia disarankan sang pastur untuk mengirimkan seekor babi untuk menyeberangi jembatan. Saat sang iblis menyadari jika ia telah ditipu, sang iblis pun risikonya tetapkan untuk melompat ke sungai dan tidak pernah terlihat lagi.

Jembatan Monnow Wales


Dalam mitologi Welsh, Jack o’ Kent yaitu sosok legendaris yang populer alasannya yaitu ia selalu berhasil mengakali iblis diberbagai kesepakatan. Diyakini bahwa ia telah menjual jiwanya kepada iblis untuk mendapat kekuatan supranatural atau bahkan kekuatan untuk mengendalikan iblis itu sendiri! Pada salah satu kesepakatan, Jack meminta iblis untuk membangun sebuah jembatan diatas sungai Monnow dengan imbalan jiwa orang pertama yang menyeberangi jembatan (Hampir menyerupai mirip kisah jembatan diatas ya sahabat). Dan dengan cepat, sang iblis menyetujui janji tersebut dan menuntaskan pembuatan jembatan hanya dalam waktu 1 malam saja. 

Lalu sang iblis pun menyuruh Jack untuk menyeberangi jembatan semoga sang iblis bisa mengambil jiwanya Jack dan pergi. Namun, Jack mempunyai inspirasi lain. Ia memikat seekor anjing yang sedang kelaparan memakai tulang dan melemparkan tulang tersebut ke jembatan, sehingga jiwa anjing tersebutlah yang dibawa oleh sang iblis, bukan jiwanya Jack. Begitulah mengapa jembatan Monnow ini hingga kini masih dipercaya telah dibangun oleh kekuatan iblis, bukan manusia!

Jembatan Tarr Steps Inggris


Jembatan Tarr Steps yaitu jembatan kerikil kecil yang berada di Taman Nasional Exmoor di Somerset, Inggris. Berbeda dengan jembatan – jembatan sebelumnya, jembatan ini hanyalah jembatan kerikil yang dibentuk dengan memakai kerikil – batuan yang diatur sedemikian rupa untuk menopang kerikil lempengan datar sebagai tapaknya, terlihat sederhana dan menyerupai karya seni yang indah. Namun, tidak ada satu orang pun yang tahu kapan jembatan Tarr Steps ini dibangun. Tetapi para peneliti telah mempunyai beberapa asumsi tahun pembuatan, sekitar tahun 1000 Sebelum Masehi atau pada tahun 1400 Masehi. Dalam legenda setempat dikatakan bahwa jembatan ini dibangun oleh iblis semoga ia bisa berjemur ditengah sungai untuk menikmati alam sekitar, bukan untuk menyeberanginya.

Jembatan Ponte da Mizarela Portugal


Ponte da Mizarela (Jembatan Misarela) yang sangat indah dan kaya akan nuansa alam ini berada di Montalegre, Portugal, yang disebut juga dengan “jembatan iblis” atau “jembatan dari neraka”, alasannya yaitu konon katanya, jembatan ini dibangun oleh iblis. Dalam kisah rakyat setempat, seorang penjahat meminta kepada iblis untuk berbagi ia jembatan alasannya yaitu ia sedang terjebak di tepi sungai dikala mencoba melarikan diri dari kejaran penduduk dari desa setempat.

Iblis dengan piciknya pun bersedia membantu sang penjahat, dimana ia mensyaratkan akan berbagi jembatan yang akan dibayar dengan jiwanya. Sang penjahat pun menyetujuinya dan berhasil melarikan diri memakai jembatan tersebut, dan jembatan tersebut pun menghilang sebelum para penduduk yang mengejar sang penjahat mencapai jembatan ini. Setelah pelariannya, sang penjahat pun menyadari jika jiwanya sudah diambil oleh sang iblis, dan ia pun ingin bertobat dan menceritakannya kepada seorang pastur. Sang pastur pun menawarkan ia beberapa botol air suci dan memerintahkan ia untuk memercikan air suci tersebut ke jembatan.

Sang penjahat pun kembali ke sungai untuk meminta sang iblis memunculkan kembali jembatan abnormal tersebut. Dan sehabis jembatan tersebut kembali muncul, dengan segera sang penjahat memercikan air suci yang ia bawa ke jembatan tersebut, dan risikonya ia pun berhasil mengembalikan lagi jiwanya yang telah diambil sang iblis. Setelah kejadian tersebut, jembatan ini pun risikonya tidak kembali menghilang, sehingga masih ada hingga sekarang. Menakjubkan sekali ya sahabat jika memang benar begitu asal muasalnya.

Jembatan Teufelsbrucke Swiss


Ngarai Schollenen di Kanton Uri, Swiss, ini dulunya yaitu ngarai yang berbahaya bagi para pelancong. Dan didalam legenda setempat, para penduduk di kanton telah melaksanakan banyak sekali upaya untuk membagun jembatan diatas lembah, namun keledai yang membawa materi bangunan terus saja terjatuh dari atas gunung. Setelah mereka merasa frustasi, risikonya mereka pun menciptakan janji dengan iblis. Sang iblis pun mengajukan syarat yang hampir sama menyerupai beberapa kisah diatas, yakni meminta imbalan jiwa dari orang yang pertama kali menyeberangi jembatan. Setelah para penduduk menyetujuinya, sang iblis pun menuntaskan pembuatan jembatan di keesokan harinya sambil menunggu orang pertama yang akan menyeberang diujung jembatan.

Dan masih hampir sama menyerupai kisah diatas, seorang petani mengirimkan kambingnya untuk menyeberangi jembatan. Sang iblis pun murka dan eksklusif mencabik kambing tersebut menjadi 100 bagian. Dan masih dengan kemarahannya, sang iblis pun menuruni gunung untuk mencari kerikil terbesar yang bisa ia temukan dan membawanya perlahan ke atas gunung. Dengan rasa takut, risikonya seorang perempuan bau tanah dari penduduk setempat pun menghampiri sang iblis yang sedang membawa kerikil besar dengan wajahnya yang tampak kelelahan. Sang perempuan bau tanah ini pun menciptakan tanda salib di kerikil besar tersebut, sehingga sang iblis tidak bisa memindahkan kerikil tersebut. Karena ia merasa kesulitan memindahkan kerikil besar tersebut, risikonya sang iblis pun kembali ke neraka alasannya yaitu merasa malu. Dan kini, jembatan Teufelsbrucke pun dikenal dengan sebutan “Jembatan Iblis”, dan kerikil besar yang ditinggalkannya pun kini disebut dengan “Batu Iblis”.

referensi:
atlasobscura.com/places/teufelsbrucke
atlasobscura.com/places/ponte-da-misarela-misalera-bridge
britainexpress.com/counties/somerset/ancient/tarr-steps.htm
oxfordindex.oup.com/view/10.1093/oi/authority.20110803100015126
italoamericano.org/story/2017-5-25/devil-bridge-lucca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel