Reptil Aneh Yang Jarang Orang Lihat Apalagi Miliki - Dunia Freak -->

Reptil Aneh Yang Jarang Orang Lihat Apalagi Miliki

Reptil termasuk dalam kelompok binatang vertebrata (bertulang belakang) berdarah cuek dan juga mempunyai sisik yang menutupi tubuhnya. Sebagian dari spesies reptil ialah binatang tetrapoda (berkaki empat) dan berkembang biak dengan cara bertelur. Banyak orang yang menganggap binatang dari spesies reptil ialah binatang yang berbahaya, ibarat buaya, ular kobra, dan komodo. Namun ibarat yang sobat ketahui, kini ini aneka macam orang – orang yang menjadikan reptil sebagai salah satu binatang peliharaan (termasuk ular dan buaya), hingga – hingga mereka menciptakan sebuah kelompok atau organisasi pecinta reptil tertentu. Memelihara reptil sudah ibarat sebuah gaya dan tren tersendiri. Didunia ini memang terdapat aneka macam jenis reptil yang tersebar hampir diseluruh belahan dunia, dimana ada beberapa jenis reptil yang mempunyai rupa yang unik dan bisa dibilang aneh! Mungkin sebagian orang akan terkagum dengan reptil ini, mungkin juga bakal merasa takut. Berikut ialah Reptil Terunik Dan Teraneh Di Dunia versi duniafreak.blogspot.com

Kadal “Spiderman”


Kadal spiderman ialah jenis dari kadal agama (kadal pemakan serangga berekor panjang) yang paling spektakuler di dunia. Namun julukan tersebut hanya disematkan kepada sang kadal jantan saja, dimana kadal agama jantan mempunyai kemampuan dalam membuatkan pola warna di wajah dan tubuhnya selama berada dalam cuaca yang hangat. Naluri sang pejantan dalam menjaga tempat kekuasaannya pun sanggup mengakibatkan warna ditubuhnya menjadi lebih cerah dan tampak berwarna biru dan merah. Kontras dari warna biru dan merah di kepala dan tubuhnya inilah yang menciptakan sang kadal agama ini menjadi sangat populer kolam selebriti di internet, yang sering disebut sebagai “Kadal Spiderman” (Tapi tidak bisa menembakkan jaring ya sahabat). Kadal ini bisa tumbuh mencapai 14-15 inci dan ia memakan bermacam-macam jenis serangga dihabitatnya. Kadal agama ini pun merupakan jenis kadal paling banyak yang terdapat di Afrika.

Ular Viper Badak


Viper ialah salah satu jenis ular predator yang paling ditakuti dan mengakibatkan banyak maut bagi insan di dunia. Meski begitu, ular viper warak ialah ular berbisa yang unik dari segi tampilan dan corak tubuhnya. Dimana ular ini mempunyai corak tubuh yang kecoklatan dan berpola seberti batik, bentuk badannya yang agak melebar (tidak ibarat kebanyakan ular yang berbedan ramping), serta mempunyai tonjolan tajam ibarat cula warak yang terletak didepan hidungnya, yang menciptakan ular viper ini dinamakan ular viper badak. Karena keunikannya inilah, ular viper warak pun menerima julukan sebagai ular viper terindah dan tereksotis. Namun sobat jangan hingga terlena akan keindahannya ya, sebab bagaimana pun juga ular viper warak ini ialah ular berbisa yang akan menjadikan duduk kasus serius bagi kita jika hingga terkena gigitan dan racun bisanya.

Buaya Gharial


Jika buaya dan aligator biasa menyerang mangsanya dengan gerakan yang brutal serta cabikan rahang dan gigi mereka yang bisa menghancurkan tubuh mangsanya dengan mudah, maka buaya Gharial ialah jenis buaya yang berbeda. Buaya Gharial ialah spesies buaya yang bentuk tubuhnya hampir sama ibarat buaya pada umumnya, namun ia mempunyai moncong lisan yang lebih ramping dan mempunyai formasi gigi yang sangat banyak disepanjang moncong mulutnya. Buaya Gharial pun lebih banyak memangsa ikan dan binatang kecil lainnya dibandingkan memangsa binatang besar ibarat jenis buaya lainnya. Namun buaya ini akan terlihat mengerikan ketika ia sedang mengintai mangsanya dari dalam air, dimana tonjolan moncongnya yang timbul dan terlihat terang diatas permukaan air. Namun sangat disayangkan sobat duniafreak.blogspot.com, buaya Gharial kini sudah memasuki kondisi terancam punah dan hanya tinggal tersisa sekitar 2% saja dari jumlah mereka sebelumnya di habitat aslinya di India. 

Kura-Kura Matamata


Kura – kura matamata banyak hidup di pedalaman hutan hujan Amazon, Amerika Selatan. Tidak ibarat kura – kura pada umumnya yang terlihat tidak berbahaya, kura – kura matamata ialah spesies reptil “pemakan daging” yang perlu kita waspadai juga! Kura – kura ini bisa tumbuh mencapai 30 – 45 centimeter dengan bobot sekitar 15 kilogram. Kura – kura ini mempunyai tiga tonjolan yang memanjang diatas tempurungnya, yang menciptakan ia terlihat unik dan ibarat binatang prasejarah. Leher kura – kira ini pun tak kalah uniknya, dimana lehernya bisa memanjang untuk menjangkau dan melahap mangsa yang lewat, jadi sobat harus menjaga kaki dengan hati – hati jika sedang melintas didepan kura – kura ini!

Dengan rahang yang berpengaruh dan gigi yang tajam, kura – kura matamata biasa memangsa burung – burung air, reptil lain, serangga, dan ikan. Tidak gila memang jika kura – kura ini mempunyai tampilan dan “kepribadian” yang berbeda dari kura – kura lainnya sebab ia hidup diantara ikan – ikan piranha dan liarnya hutan hujan Amazon. Apakah sobat tertarik untuk menjadikan kura – kura ini peliharaan “ekstrim”?

Iguana Laut



Adaptasi pada binatang ialah salah satu kemampuan paling mahir di alam. Dimana kemampuan pembiasaan terhadap perubahan memungkinkan munculnya binatang unik yang berasal dari spesies biasa, misalnya ialah si Iguana Laut ini. Iguana bahari ialah reptil pemakan rumput bahari dan flora bahari lainnya, ia juga bisa berenang kedalam bahari dengan gerakan ibarat buaya, sungguh sebuah kemampuan yang sesuai dengan habitat hidupnya di kepulauan Galapagos. 

Iguana Laut pun juga menjadi satu – satunya kadal bahari dan menjadi salah satu “kasus” pembiasaan paling gila dan unik di dunia. Warna dasar dari tubuh iguna bahari ini ialah hitam keperakan, dimana mereka juga bisa mengubah warna kulitnya menjadi perpaduan antar warna biru, hijau, merah yang sangat unik. Ia pun biasa berkumpul dan bersembunyi diantara bebatuan dipinggir pantai ketika sedang berjemur atau bersantai saja.

referensi
nationalgeographic.com/animals/reptiles/m/marine-iguana/
torontozoo.com/exploretheZoo/AnimalDetails.asp?pg=636
nationalzoo.si.edu/animals/reptilesamphibians/facts/factsheets/gharial.cfm
animaldiversity.org/accounts/Bitis_nasicornis/
dailymail.co.uk/news/article-2167284/African-lizard-looks-uncannily-like-comic-book-superhero-Spiderman.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel