9 Tanda Yang Di Miliki Oleh Orang Cerdas. Kamu Punya? - Dunia Freak -->

9 Tanda Yang Di Miliki Oleh Orang Cerdas. Kamu Punya?



Enak-O - Kecerdasan adalah sebuah anugerah pemberian tuhan yang di bawa manusia sejak lahir, berbeda dengan kepintaran yang dapat di ukir oleh seseorang dengan cara rajin dalam belajar, meskipun dia sebelumnya adalah seseorang yang mendapatkan nilai sekolah yang jelek. 

Orang cerdas memiliki kemampuan berpikir yang cepat, sehingga membuatnya mudah menangkap, memahami, mengerti serta mengartikan maksud dari suatu kondisi atau Keadaan.

Orang cerdas basanya lebih terlihat santai dalam menyelesaikan sebuah masalah, tidak seperti orang pintar yang selalu teratur dan disiplin.
Namun, jangan mengartikan kata santai disini sebagai hal yang negatif, santai yang di maksud adalah, dimana orang cerdas tau kapan waktunya untuk santai dan kapan waktunya untuk serius. Ia tau kapan harus mengerjakan sesuatu dan yakin bahwa hal itu akan selesai tepat pada waktunya. Karna orang cerdas biasanya lebih mengandalkan pikiran kritis dan pengalamannya, sehingga mampu menyelesaikan sebuah masalah dengan cepat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, salah satu arti kata cerdas adalah tajam fikiran. Orang cerdas tak hanya terpaku atau berfokus kepada sebuah teori saja namun lebih ke pemahaman sebuah konsep. Senjata utama orang cerdas adalah logika, mereka lebih menggunakan logikanya untuk menentukan jawaban, sedangkan pengetahuan yang didapat dari sebuah teori hanyalah sebagai pendukung.

Orang cerdas cenderung menggunakan pemahamannya dengan penyusunan kata yang berbeda dari yang lain sesuai bahasa yang mudah ia mengerti dan memiliki kata kunci yang jelas serta mengandung arti atau makna yang sama dengan jawaban umum yang di tuliskan oleh orang lain.

Setelah membahas seputar penjelasan sederhana mengenai cerdas, tentu kamu ingin mengetahui tanda tanda yang dimiliki oleh orang cerdas kan?!!.​
Berikut ini beberapa tanda yang menandakan kecerdasan hadir dalam diri seseorang.

1. Senang Bercanda


Orang yang senang bercanda dan mampu menangkap berbagai macam candaan, ternyata salah satu sifat yang dimiliki orang cerdas. Hal itu dikarenakan rasa humor yang dimiliki oleh seseorang mempengaruhi kemampuan intelektual dalam berpikir.

Menurut penelitian dari Universitas Of Mexico, orang yang menulis caption lucu mempunyai skor tinggi pada kecerdasan verbal. Dan seorang komika handal rata rata memiliki skor kecerdasan verbal yang tinggi.

Dalam bercanda, ada beberapa hal yang juga harus di perhatikan, jika candaan yang keluar dari mulut seseorang mengandung sesuatu yang menyinggung atau menghina kekurangan orang atau teman lain, itu bukanlah candaannya orang yang cerdas. 

Karna orang cerdas tau apa yang layak dijadikan bahan candaan dan mana yang tidak. Mana candaan yang bisa membuat orang terhibur dan mana yang bisa membuat orang merasa tersinggung, terhina, dan direndahkah.

2. Kidal


Buat kamu yang selama ini adalah orang yang kidal, maka bisa jadi kamu termasuk salah satu sebagai orang yang cerdas. Menurut penelitian, hal itu dikarenakan orang yang melakukan aktifitas dengan tangan kiri (kidal) memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dari pada orang normal.

Seseorang yang mengalami kidal, di perkirakan menggunakan kedua sisi otaknya dalam beraktivitas. Sedangkan orang normal yang menggunakan tangan kanan, cenderung hanya menggunakan sisi sebelah kiri otaknya saja.

3. Selalu ingin tau


Seperti yang diungkapkan oleh seorang profesor bernama Tomas Chamorro-Premuzic dari Harvard Business Review. Anak anak yang mendapat nilai tinggi dalam tes IQ, adalah anak anak yang memiliki rasa ingin tau yang tinggi dan terbuka pada pengalaman baru.

Rasa ingin tau yang tinggi, menyebabkan seseorang terus berusaha dan mencari cara agar ia mengetahui jawaban dari sesuatu yang selama ini belum ia ketahui. Inilah yang membuat seseorang yang mempunyai rasa ingin tau memiliki banyak pengetahuan dan membuatnya menjadi orang yang cerdas, karna rasa keingintahuan membuatnya terus berfikir.

4. Tidur Larut Malam


Tidur pada larut malam sebenarnya memang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain membuat tubuh terasa lemah, lemas dan ngantuk, tidur larut malam tentu juga mampu membuat kita telat bangun pagi dan tidak sempat untuk berolahraga.

Namun, dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh majalah Personality and Individual Differences diketahui sebuah fakta bahwa kebanyakan orang pintar lebih senang terbangun pada malam hari untuk menyelesaikan pekerjaannya. Karena pada saat malam hari, aktivitas otak sedang tinggi dan memudahkan seseorang untuk berpikir.

Sedangkan pada penelitian jurnal Personality and Individual Differences menyebutkan, orang dewasa muda yang lebih pintar dapat terjaga lebih lama pada malam hari dan telat bangun pada pagi hari. Baik itu pada hari biasa maupun pada hari libur.

5. Meragukan Kemampuan


Semakin cerdas seseorang, maka semakin sering dia meragukan kemampuan yang dimilikinya. Ia cenderung lebih memilih untuk berpura-pura tidak tau untuk hal baru yang ia temui. Berbeda dengan orang pintar dimana gemar memberikan pengetahuan yang di temukannya.

Mengapa orang cerdas melakukan hal tersebut?
Entahlah, mungkin karna ia berpikir bahwa sesuatu yang di temukannya masih memiliki beberapa kesalahan yang tak perlu untuk di beritaukan kepada orang lain.

6. Sering menunda nunda


Kebiasaan menunda nunda adalah hal yang tidak baik. Selain menandakan bahwa kita adalah orang yang malas, sikap menunda nunda juga bisa menyebabkan pekerjaan yang kita kerjakan tidak bisa selesai tepat waktu.

Namun, siapa sangka ternyata menunda nunda adalah kebiasaan sebagian besar orang cerdas. Kebiasaan ini merupakan sebuah tanda dari kreativitas dan gagasan dari seseorang tersebut.

7. Mudah Mengendalikan Diri


Apakah kamu memiliki sifat sabar dan tidak mudah marah?. Jika ya, berarti kamu memiliki kecerdasan otak yang tinggi. Hal itu dikarenakan orang cerdas mampu mengendalikan emosinya dan berfikir jernih. Biasanya mereka juga sering berfikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu hal.

8. Malas dan lebih memilih untuk tidak melakukan banyak aktivitas


Malas, sering kali dikatakan sebagai suatu hal yang negatif, malas adalah kebiasaan dimana seseorang lebih memilih untuk tidak beranjak atau bergerak kemana mana dalam kesehariannya.
Namun, ternyata orang cerdas cenderung memiliki sifat seperti itu, mereka lebih memilih untuk duduk terus menerus atau tidak berpindah tempat. Mereka tenggelam di dalam pikiran dan gagal ketika ada aktivitas yang banyak menggunakan fisik.

Dalam penelitian oleh Psikolog Dacid Z, Mambrick, dan Elizabeth J. Meinz dari Vanderbilt University mengemukakan bahwa orang yang berpikiran cerdas cenderung lebih sederhana dan tidak mencoba terlalu keras untuk berusaha dalam menyelesaikan suatu hal.

9. Orang cerdas bisa jadi memiliki kecemasan tertentu


Seseorang yang memiliki rasa cemas biasanya memiliki kecerdasan lebih dari pada seseorang yang tidak cemas. Seseorang yang mengalami kecemasan memiliki tingkat skor kecerdasan verbal lebih tinggi,  sedangkan orang yang tidak memiliki kecemasan memiliki tingkat skor kecerdasan nonverbal yang lebih tinggi pula.

Para ahli lainnya menemukan, mereka yang mempunyai tingkat IQ yang tinggi juga berisiko mengalami kecemasan yang lebih tinggi. Terlalu banyak berpikir di setiap situasi, ini adalah salah satu cara mereka untuk bertahan dan melindungi diri dari risiko yang tak mereka inginkan.  

Itulah beberapa tanda tanda yang menandakan bahwa kamu adalah orang yang cerdas, apakah tanda tersebut memang fakta atau hanya hoax belaka, saya kurang tau, hanya saja , kecerdasan otak seseorang saya rasa tak cukup hanya dengan melihat ciri ciri saja. Tapi dengan melihat tingkah laku, pemikiran dan pemahaman dalam kehidupan sehari harinya.

Sekian artikel saya kali ini, silahkan share artikel ini keteman teman kamu agar mereka juga tau apa yang kamu tau. Kunjungi terus website ini agar tidak ketinggalan informasi unik lainnya yang pastinya akan selalu update artikel terbaru dan mungkin bermanfaat.
Trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel