Legenda Cadborosaurus Willsi - Dunia Freak -->

Legenda Cadborosaurus Willsi


Cadborosaurus willsi, atau dikenal juga sebagai Caddy, atau Amy, yaitu makhluk cryptid ular maritim dalam dongeng rakyat Amerika Utara.

Nama itu berasal dari "Cadboro" Bay di Greater Victoria, British Columbia, dan kata "saurus" dari bahasa Yunani yang berarti kadal atau reptil.

Orang-orang Sydney Inlet menyebut Cadborosaurus sebagai "hiyitl'iik".

Dalam mitologi penduduk orisinil Kanada (Sechelt atau orang-orang Shishalh), Cadborosaurus dijuluki sebagai "T'chain-ko".

Sedangkan bagi orang-orang K'omoks di pulau Vancouver, Cadborosaurus mempunyai nama panggilan "Numkse lee Kwala".

Menurut keterangan saksi mata, Cadborosaurus willsi digambarkan ibarat ular sepanjang 40 atau 70 kaki (12-21 meter), berleher panjang dengan kepala mirip kuda (atau unta), mungkin mempunyai punuk, mempunyai dua kaki depan (atau sirip depan), dan mempunyai ekor mirip ekor ikan paus.

Beberapa laporan menggambarkan makhluk ini mempunyai rambut di lehernya.

Ilustrasi Cadborosaurus willsi

Terdapat lebih dari 300 klaim penampakan yang terjadi selama jangka waktu 200 tahun terakhir.

Laporan pertama penampakan Caddy dialami oleh pengacara Victoria bersama istrinya dikala berlayar dengan kapal pesiar pada tahun 1933.

Mereka mendeskripsikannya sebagai "ular mengerikan dengan kepala unta !".


Setahun kemudian, lebih tepatnya tahun 1934, dua anggota pemerintah melaporkan telah melihat makhluk dengan deskripsi yang sama mirip yang dilaporkan tahun 1933.

Pada tahun yang sama, dua nelayan melaporkan telah melihat dua monster di teluk, yang salah satunya sepanjang 60 kaki (18 meter), sedangkan yang lainnya berukuran setengah dari yang pertama.

Penampakan yang cukup menarik dialami oleh dua pemburu dikala mereka mencoba mengobati angsa mereka yang terluka. 


Saat keduanya tengah mengobati bebek, monster itu pribadi muncul dari air, menelan bebek, menggertak kepada beberapa burung camar, kemudian menyelam kembali ke dalam air.

Mereka mencatat bahwa kepalanya berukuran 6 kaki (1,8 meter) dengan gigi tajam mirip gergaji.

Stasiun penangkapan ikan paus di Vancouver berhasil membunuh paus sperma pada Oktober 1937. 


Ketika melepaskan dan menyidik isi perut di pelabuhan Naden, mereka menemukan bangkai makhluk tidak diketahui sepanjang 12 kaki (3,6 meter).

Bangkai itu mempunyai kepala mirip kuda, badan mirip ular, dengan sirip ekor berduri.



Tidak ada yang tahu niscaya bangkai makhluk apakah itu. 


Bahkan ilmuwan pun tidak sanggup mengidentifikasikan makhluk yang ada pada foto tersebut. 

Meski beberapa di antaranya telah menduga bahwa bangkai itu mempunyai ciri-ciri mamalia dan sifat reptil, mereka masih kurang yakin.

Salah satunya menduga bahwa makhluk itu yaitu zeuglodon, namun klarifikasi tersebut kurang sempurna alasannya bangkai itu terlalu ramping dan kepalanya tidak sesuai dengan citra zeuglodon.

Pada tahun 1939, sebuah penampakan yang mungkin menjadi penampakan terdekat dengan Caddy dialami oleh Kapten Paul Sowerby.
"Kami sedang menuju utara, sekitar 30 mil dari lepas pantai, dan melihat sesuatu setinggi 1,2 meter keluar dari air. Jadi, kami tetapkan untuk bergerak ke arah itu dan mulai mengamatinya."

"Awalnya, aku pikir itu terlihat mirip beruang kutub dengan rambut yang berantakan."
 
"Ketika kami datang sempurna di sampingnya, dengan keadaan air yang jernih, di sana hanya terdapat "gumpalan mirip tiang" setidaknya sepanjang 40 kaki (12 meter) dengan mata yang besar."

"Rekan aku berkata 'Apakah kau melihat matanya?', aku tidak mempunyai ingatan lain wacana verbal dan hidungnya sama sekali, hanya (melihat) kedua mata yang sangat besar, dan mata itu tampaknya sanggup dibuka dari atas ke bawah
."
Pada 13 Februari 1953, sepuluh orang melaporkan telah melihat Caddy. Semuanya melihat dalam sudut pandang yang berbeda, dan tidak ada deskripsi yang bertentangan satu sama lain.

Pada Agustus 1963, W. Hagelund mengklaim telah menangkap bayi Caddy di bersahabat pulau De Courcy.

Pada Juli 1991, Phyllis Harsh mengklaim telah menangkap bayi Caddy kecil berukuran 2 kaki (60cm), dan mengembalikannya kembali ke dalam air di pulau San Juan.

Pada tahun 2009, nelayan berjulukan Kelly Nash konon telah memfilmkan beberapa menit rekaman yang menawarkan makhluk berukuran 10 hingga 15 kaki (termasuk yang muda) di teluk Nushagak.


Berikut Screenshot video Kelly Nash :










Beberapa inovasi bangkai yang dihubungkan dengan Cadborosaurus :

Pada 10 November 1930, sebuah kerangka sepanjang 7,3 meter dengan sirip ditemukan di pulau Glacier bersahabat Valdez. Sisa-sisa kerangka tersebut diawetkan di Cordova untuk studi ilmiah, dan kerangka itu mungkin milik seekor ikan paus.

Pada November 1934, bangkai yang telah terdekomposisi secara jelek sepanjang 9 meter ditemukan di pulau Henry bersahabat Prince Rupert.

Bangkai tersebut diidentifikasikan milik hiu penjemur (basking shark).



Pada Oktober 1937, bangkai yang diduga milik Cadborosaurus, yang berasal dari perut paus sperma ditemukan.

Sampel dari bangkai tersebut dikirim ke BC Provincial Museum.

Pemimpin museum, Francis Kermode, untuk sementara mengidentifikasikan bangkai itu sebagai janin dari paus balin.

Pada tahun 1941, sebuah bangkai yang disebut "Sarah the sea hag" ditemukan di pantai Kitsilano.

W.A. Clemens dan Ian McTaggart-Cowan mengidentifikasikannya sebagai bangkai milik ikan hiu.

Pada Desember 1947, bangkai dari makhluk sepanjang 13 meter ditemukan di pulau Vancouver, dan telah diidentifikasikan sebagai bangkai ikan hiu.


Pada 1950, bangkai makhluk yang mempunyai 4 ekor dengan rambut tebal ditemukan di Oregon, dan diidentifikasikan sebagai milik hiu paus.

Pada 1956, bangkai sepanjang 30 meter dengan rambut berukuran 2 inci ditemukan di suatu daerah di bersahabat Alaska. Meski mempunyai kutipan "makhluk tidak diketahui", W.A. Clemens mengidentifikasikan bangkai tersebut sebagai paus berparuh.

Pada April 1962, bangkai sepanjang 4,2 meter dengan kepala mirip gajah ditemukan di bersahabat Ucluelet. Bangkai tersebut diseret menuju daratan oleh Simon Peter, dan menduga bahwa itu yaitu bangkai gajah laut.

Pada September 1963, sebuah bangkai dengan kepala ibarat kuda ditemukan di bersahabat pelabuhan Oak, pulau Whidbey.

A. D. Welander dari perikanan berpikir bahwa itu yaitu bangkai hiu penjemur (basking shark).

Pemimpin dari Earth and Ocean Sciences, Dr. LeBlond dan pensiunan kepala biologis di Canadian Museum of Nature, Dr. Blousfield, menyatakan bahwa setiap hewan dengan bentuk memanjang telah diajukan sebagai klarifikasi untuk Caddy.

Binatang tersebut di antaranya conger eel, ikan paus bungkuk, gajah laut, oarfish, hiu penjemur, dan singa laut.


Keduanya juga menyatakan bahwa tidak ada makhluk yang telah diketahui, yang cocok dengan karakteristik Caddy, menurut (lebih dari 200) penampakan yang telah dikumpulkan selama lebih dari satu abad.

Beberapa klarifikasi (atau dugaan) Cadborosaurus willsi :

Zeuglodon

Deskripsi Caddy mempunyai kemiripan dengan ciri-ciri mamalia, yaitu panjang, ramping, dengan ekor bercabang mirip paus.

Seekor ikan paus kuno yang sudah punah mirip zeuglodon, telah disarankan sebagai makhluk yang mungkin telah disalahartikan sebagai Caddy.

Namun, masalahnya yaitu Caddy dideskripsikan mempunyai kepala mirip kuda atau unta, sedangkan zeuglodon mempunyai kepala yang lebih mirip ular.

Zeuglodon

Singa laut

Pada tahun 1943, dua petugas polisi, Inspektur Robert Owens dan Sersan Staff Jack Russell, melihat "ular maritim besar dengan kepala mirip kuda" di Georgia Strait.

Kemudian dengan sepasang teropong, Sersan Russel melihat bahwa penampakan gila itu ternyata hanya singa maritim berukuran besar yang memimpin kawanan enam singa maritim lainnya.


Bagi mata telanjang, pergerakan mereka dikala berenang yang menyelam kemudian muncul kembali ke permukaan air secara terus-menerus, memang akan terlihat mirip pergerakan seekor monster laut.

Oarfish

Ada sebuah dugaan bahwa Caddy bahu-membahu yaitu seekor oarfish.

Hewan ini sanggup tumbuh hingga sepanjang lebih dari 17 meter dengan berat mencapai lebih dari 300 kg.

Ilmuwan senior di the Scripps Institution of Oceanography, H. J. Walker menyampaikan "Mereka (oarfish) panjang, berwarna perak, dan (bergerak) berombak-ombak mirip ular sebagaimana dikala mereka berenang di air."


Hiu penjemur (basking shark)

Bangkai dari hiu penjemur yang telah terdekomposisi (membusuk) sering disalahartikan sebagai Caddy, dan terkadang berhasil menipu para andal maupun orang awam.

Bangkai hiu penjemur yang telah membusuk juga terkadang ibarat bentuk dari plesiosaurus.



Pipefish

Michael Woodley, Darren Naish dan Cameron McCormick, beragumen bahwa "bayi Caddy" yang ditangkap oleh William Hagelund pada tahun 1968 bahu-membahu hanyalah seekor Pipefish.


Beberapa orang berpikir bahwa Cadborosaurus willsi yaitu makhluk reptil mirip plesiosaurus, tetapi dengan adanya rambut dan ekor mirip ikan paus, menciptakan cryptozoologist lainnya percaya bahwa mereka mungkin zeuglodon yang berhasil bertahan hidup dan selamat dari kepunahan.

(Sumber : Wikipedia)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel