Cara Menghapus File Sampah di Hp Agar Ruang Penyimpanan Lega - Dunia Freak -->

Cara Menghapus File Sampah di Hp Agar Ruang Penyimpanan Lega



Enak-O - Kamu pasti pernah mengalami sebuah peristiwa dimana hp atau smartphone kamu terasa penuh padahal kamu tidak punya banyak aplikasi, baik itu berukuran kecil ataupun besar yang tersimpan. Ya, hal semacam itu menurut saya sudah pasti pernah di rasakan oleh semua pengguna smartphone android. (untuk ios/iphone saya kurang tau).

Bahkan kita sudah rela menghapus beberapa video, poto dan aplikasi kesayangan kita, agar ruang penyimpanan pada smartphone menjadi lega.

Namun hal itu terkadang tidak juga berhasil. Jika di hitung hitung, jumlah size baik itu poto, video, aplikasi dan file lainnya yang kita simpan padahal tak memiliki ukuran yang begitu besar untuk melahap habis memori.

Jadi, apa penyebab masalah ini?

Bisa jadi penuhnya ruang penyimpanan smartphone kita di karenakan adanya file sampah yang tidak berguna ikut hadir. File sampah ini biasanya muncul dari bekas bekas aplikasi yang pernah kita download dan kemudian kita hapus kembali. Begitu juga dengan cache, cache juga bisa disebut sebagai file sampah karna file tersebut tidak memiliki dampak pada sebuah aplikasi apabila kita menghapusnya.

Bagaimana cara untuk melihat dan menghapus file sampah beserta cache?

Untuk menghapus file sampah, disini saya membagikan 2 cara.
Dan untuk cara menghapus file cache, cukup 1 cara saja.

A. Cara menghapus file sampah. 

1. Menghapus file sampah yang terdeteksi dengan aplikasi clean (pembersih).

Aplikasi pembersih smartphone juga bisa kita gunakan sebagai alat untuk membantu menghapus file sampah pada smartphone kita. Aplikasi ini tentu banyak tersedia di Playstore secara gratis, contohnya seperti clean master, antivirus, dll. Untuk pengguna smartphone redmi, kamu tak perlu mendownload lagi, karna aplikasi tersebut sudah tersedia secara otomatis dengan nama "keamanan".

Tapi, aplikasi pembersih ternyata hanya mampu menghapus file sampah yang berhasil ia deteksi atau ditemukan, jadi tidak semua file sampah. Itulah mengapa kamu harus lanjut membaca cara ke 2 agar kamu bisa menghapus banyak file sampah lagi yang tersangkut di smartphone kamu.

2. Menghapus File sampah yang berada di dalam sebuah aplikasi.

Sebenarnya file sampah yang tersedia di dalam aplikasi tidak bisa dikatakan sebagai file sampah, karna file tersebut adalah history atau bekas dari aktifitas yang pernah kamu lakukan pada aplikasi tersebut.

Disini saya mencontohkan aplikasi WHATSAPP.
Ya, karna tanpa kita sadari ternyata whatsapp menyimpan banyak file bekas aktifitas lama kita yang mungkin tak lagi kita butuhkan.

File itu biasanya berisi poto, video, dan file lainnya yang pernah kamu kirim melalui whatsapp. Dan yang paling mengejutkan lagi, file tersebut akan menumpuk dan apabila di totalkan, ukurannya bisa mencapai ratusan MB bahkan 1GB lebih.

Lalu, bagaimana cara melihat sekaligus membersihkan file bekas pada WHATSAPP ?

1. Silahkan buka aplikasi "File Manager" yang terdapat di dalam smartphone kamu,
2. Lalu pilih folder "WhatsApp"​,
3. Kemudian, pilih "Media",
4. Disana akan terdapat berbagai macam folder. Jika seandainya selama kamu menggunakan aplikasi Whatsapp yang banyak kamu Kirim adalah gambar dan video. Silahkan buka folder" Whatsapp Image" (untuk membersihkan bekas gambar), dan "Whatsapp Video" (untuk membersihkan bekas video).
5. Bersihkan satu persatu. Disini saya memilih Folder "Whatsapp Image", buka folder tersebut, kemudian pilih folder "Sent".
6. Nah, didalam folder "Sent" itulah tempat segala poto yang pernah kamu kirim tersimpan, silahkan hapus semua dan coba cek ruang penyimpanan kamu.

Saya jamin, akan sedikit lega!!!!

B. Cara menghapus file Cache

1. Buka "pengaturan"  atau "setting",
2. Pilih "penyimpanan",
3. Pilih "Data dalam cache", klik kemudian pilih ok untuk menghapus. 

File cache juga memiliki ukuran yang besar, hanya dalam waktu beberapa minggu, terkadang cache pada semua aplikasi di smartphone saya mampu meraup sekitar 600mb lebih pada ruang penyimpanan.

Note : jika cara cara di atas masih belum mampu membuat smartphone kamu lega, satu satunya cara terakhir yaitu kembali ke setelan pabrik. Tapi metode tersebut akan menghapus file file kamu termasuk poto. Tapi tenang, saya juga punya cara agar poto kamu tidak ikut terhapus saat reset smartphone. Baca : Cara agar poto tidak terhapus saat reset hp

Ok, sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat Silahkan share artikel ini keteman teman kamu agar mereka juga tau apa yang kamu tau. Kunjungi terus website ini agar tidak ketinggalan informasi unik lainnya yang pastinya akan selalu update artikel terbaru dan mungkin saja bermanfaat.
Trimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel